Ads

Sabtu, 14 Januari 2023, Januari 14, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-13T16:32:12Z
BITUNG

JUMAT CURHAT - BAKUDAPA DENG KAPOLRES BITUNG : Sejumlah Komunitas Angkat Permasalahan Kendaraan Bertonase Besar




Foto : kegiatan Jumat Curhat Bakudapa Deng Kapolres Bitung (ist)


JOURNALTELEGRAF - Sejumlah persoalan terungkap pada kegiatan Jumat Curhat yang menjadi salah satu agenda rutin kepolisian. Termasuk Polres Bitung.


Salah satunya masalah kendaraan bertonase besar yang sejak lama disuarakan masyarakat agar tidak melewati jalan utama, tapi melalui jalan tol yang sudah tersedia. Alasannya karena banyak terjadi kecelakaan akibat kendaraan bertonase besar melewati ruas jalan yang sempit.


Pada kesempatan itu, Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi,Sik yang ikut mendampingi Waka Polres, Kompol Andri Permana,Sik pada kegiatan itu menjelaskan bahwa pengalihan kendaraan bertonase besar ke jalan tol tidak mudah.


"Banyak stakeholder yang harus terlibat dipermasalahan itu, baik pemerintah provonsi, kabupaten kota, pihak pengelola jalan tol, asosiasi pengusaha. Tapi kami sudah berupaya, memang butuh proses," jelas Awaludin.


Selanjutnya, untuk permasalahan parkiran liar kendaraan bertonass besar yang banyak ditemukan di ruas ruas jalan utama Kota Bitung juga mencuat pada kegiatan Jumat Curhat yang pada edisi kali ini menghadirkan, komunitas motor, sopir mikrolet dan Organda serta tukang ojek pangkalan.


"Kalau untuk parkiran liar kendaraan besar, kami sudah melakukan beberapa upaya, salah satunya penggembosan ban bersama dengan Dishub Kota Bitung. Akan tetapi cara ini sepertinya kurang maksimal hasilnya, karena kendaraan tersebut tetap parkir di tepi jalan setelah digemboskan bannya.  Dishub berencana mengadakan mobil derek, agar kita bisa menderek kendaraan yang parkir liar ini," jelasnya.


Kemudian persoalan yang sempat meresahkan juga adalah antrian kendaraan yang setiap hari di SPBU, Kepolisoan bersama Dinas Perhubungan telah melakukan beberapa upaya. Termasuk, memasang baliho di deoan SPBU agar kendaraan tidak antri BBM di badan badan jalan.


"Untuk persoalan kendaraan yang antri di SPBU, kami akan lebih melakukan penegasan dan penindakan," pungkas Awal sapaan akrab mantan Kasat Lantas Polres Sangihe ini.


Hadir juga pada kesempatan tersebut, Pejabat Utama Polres Bitung, Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kota Bitung, Royman Malage, Komunitas Sopir Mikro, Komunitas Tukang Ojek, Komunitas Motor dan insan pers.



Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar