Ads

Minggu, 08 Januari 2023, Januari 08, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-08T04:47:04Z
Pariwisata

BAPONTAR : Elang Flores, Sang Rajawali Penguasa Keindahan Nusa Tenggara


Foto : Elang Flores (Kementerian LHK)


JOURNALTELEGRAF - Keindahan Indonesia tidak pernah habis untuk terus diexplore. Gunung, hutan, pantai, laut, danau, hingga kekayaan faunanya.


Salah satu yang wajib menjadi Sobat JT kunjungi adalah Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain terkenal dengan Gunung Rinjani dan Komodo nya, Pulau Lombok juga memiliki fauna endemik yang begitu menawan yakni Elang Flores.


Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) menjadi salah satu kawasan konservasi yang menjadi habitat elang flores (Nisaetus floris).


Satwa endemik Indonesia ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Penyebaran populasinya cenderung bertempat di daerah dataran rendah meliputi Pulau Lombok, Sumbawa, Pulau Satonda, Rinca dan Flores. Ini tentu saja berhubungan dengan cara berburunya yang menerkam dengan jarak yang tidak terlalu tinggi.


Satwa ini tergolong langka dan dilindungi Undang-Undang ya Sobat JT. Oleh karena itu, perlu upaya serius untuk melestarikan burung langka ini dan kalian jangan sampai memburunya tatkala berada di habitat burung ini


Selamat berakhir berlibur dan terus mencintai alam Indonesia.



Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar