Ads

Kamis, 15 Desember 2022, Desember 15, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-15T13:16:44Z
BITUNG

Maurits Mantiri Paparkan Keunggulan Kota Bitung Di Sektor Perikanan Dihadapan Moeldoko

Foto : Jenderal (Purn) Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI kunjungi Kota Bitung (ist)


JOURNALTELEGRAF -Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Moeldoko mengunjungi Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (15/12/2022).


Kunjungan kerja ini dalam rangka monitoring dan evaluasi program prioritas nasional bidang kemaritiman di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung.


Selain itu, mantan Panglima TNI tersebut berdiskusi dengan para pelaku usaha perikanan dan nelayan Kota Bitung.


"Saat ini kita sedang menghadapi krisis global. Yang pertama krisis terhadap pangan, kedua krisis energi, dan ketiga krisis keuangan global. Untuk itu, saya hadir di Kota Bitung dalam upaya monitoring berbagai Program Pemerintah Pusat. Sektor Perikanan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pangan," jelas Moeldoko.


Saat ini kata Moeldoko, pemerintah pusat sedang bekerja ekstra demi turunnya angka kemiskinan ekstrem. 


"Ada tiga strategi yang dilakukan. Yakni, pertama mengurangi biaya pengeluaran masyarakat. seperti contoh, pasar murah yang dilakukan ataupun subsidi BBM dan lainya. Kedua meningkatkan pendapatan .asyarakat. Contohnya insentif oleh pemerintah pusat kepada UMKM. Ketiga memperbaiki infrastruktur," jelas Moeldoko. 


Sementara Itu, Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri yang mendampingi Kepala Staf Kepresidenan itu  mengatakan bahwa Kota Bitung merupakan sentra perikanan nasional, dengan karakteristik dan struktur komponen industri perikanan seperti proses eksploitasi berupa penangkapan/ berburu (hunting), komoditas utama: tct dengan unggulan ikan cakalang, industri primer yang berkembang: penangkapan, pengolahan, dan perdagangan untuk tujuan ekspor, kelompok pelaku: nelayan kecil, nelayan industri, pengusaha kapal tangkap, pengusaha pengolah ikan, jasa usaha pendukung," ungkap Maurits saat memberikan sambutan pada pertemuan itu.


Saat ini lanjut Maurits,  melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung, telah berjalan program Outlet Dekat Sarana Kelautan (ODSK) dalam rangka mempermudah dan memaksimalkan pelayanan perijinan bersama untuk sektor perikanan di kota Bitung. 


"Pengurusan izin kapal <30 GT kini bisa dilakukan di kantor Dinas Perikanan Kota Bitung yang sebelumnya harus dilakukan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara yang berkedudukan di Kota Manado, jadi dengan demikian mempermudah pelaku usaha untuk mengurus izin," pungkasnya.


Hadir dalam Kegiatan, Febry Calvin Tetelepta Deputi I Kepala Staf Presiden; Helson Siagian Tenaga Ahli Utama Kedeputian I, Alan Frendy Koropitan Tenaga Ahli Utama Kedeputian I, Agung Rulianto Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap  Muhammad Zaini, beserta jajaran; Unsur Forkopimda Kota Bitung atau yg mewakili; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Tineke Adam,  Kadis Perikanan Kota Bitung, Sadat Minabari, Executive General Manager Pertamina MOR 7 Sulawesi, Edwin Dwiyanto, Kepala Upt Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, Adichandra; Jajaran Pemerintah Kota Bitung, Staf Khusus yang membidangi; Para Pelaku Usaha Perikanan dan Nelayan.




Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar