Ads

Kamis, 01 Desember 2022, Desember 01, 2022 WIB
Last Updated 2022-12-01T01:43:47Z
Buol

Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah Adakan Kuker ke Buol


Kunker Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah, dihadiri oleh Rosalina.SKM.M.kes, Widyawati.SKM dan Ibu Nurhafsa.SKM, Serta jajaran Dinkes Kabupaten Buol.




JOURNALTELEGRAF-Dalam rangka pelacakan surveilans PD31 tahun 2022 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah kunjugi Kabupaten Buol, Rabu (30/11/2022).


dr.Anto sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Buol menjelaskan, pelaksana surveilans merupakan kegiatan pengamatan yang sistematis dan terus menerus terhadap data dan informasi tentang kejadian penyakit.


Atau, kata dia, masalah kesehatan dan kondisi yang mempengaruhi terjadinya peningkatan dan penularan penyakit atau masalah kesehatan untuk memperoleh dan memberikan informasi guna mengarahkan dengan memonitor, mengevaluasi, dan memperbaiki program pencegahan dan pengendalian penyakit.

"Menyediakan informasi untuk penentuan prioritas, pengambilan kebijakan, perencanaan, implementasi dan alokasi sumber daya kesehatan," katanya.

"Monitoring kecenderungan penyakit endemis dan mengestimasi dampak penyakit di masa mendatang," sambung dr. Anto.



Hal yang sama juga dijelaskan Rosalina selaku perwakilan Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Tengah, menurutnya, surveilans merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data secara sistemik dan terus menerus serta penyebaran informasi kepada unit yang membutuhkan untuk dapat mengambil tindakan.


"Kegiatan surveilans mencakup deteksi, pencatatan, pelaporan data, analisis data, konfirmasi epidemiologis maupun laboratoris, umpan- balik (feedback)," tukasnya.



Reporter: Syabru
Editor: Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar