Ads

Jumat, 07 Oktober 2022, Oktober 07, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-07T03:31:01Z
BITUNGNASIONALPariwisata

Festival Pesona Selat Lembeh Berpotensi Go International, Begini Penjelasan Kemenparekraf RI



Foto : Dadang Rizky Ratman, Staf Ahli Menparekraf RI Bidang Pengembangan Usaha (ist)


JOURNALTELEGRAF – Staf Ahli Menteri Bidang Pegembangan Usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dadang Rizky Ratman menyebut, event Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022 bukan hanya menjadi event nasional, tetapi berpotensi go Internasional.



Hal itu dikatakan Dadang saat mengikuti langsung Opening Ceremony Festival Pesona Selat Lembeh 2022 di Lapangan Satuan Patroli (Satrol) Lantamal VIII Kota Bitung, Kamis (06/10/2022).



Dadang menilai, FPSL 2022 ini sangat bermanfaat baik itu dari konteks ekonomi, sosial budaya dan perlindungan atas  lingkungan hidup.



“Maka dari itu, event FPSL ini memiliki potensi untuk go internasional,” ujar Dadang ke sejumlah wartawan saat diwawancarai.




Kalau membahas soal event go internasional, Dadang mengaku sejak tahun 2015 – 2016 sudah berbicara hal itu dengan Gubernur Sulut.



“Sejak Bunaken buming, pak Gubernur sudah punya niat memperlebar pariwisata ke Likupang. Makanya, saat ini Minahasa Utara dikembangkan lewat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang untuk mendukung daya tampung Bunaken yang sudah kebanyakan,” katanya.



Karena Likupang punya pantai yang bagus, tambahnya, maka kami berupaya memperlebar pariwisata.



“Tapi, jika saya lihat hari ini. Bitung juga memungkinkan untuk itu,” jelasnya.



Pun begitu, dia mengakui semua itu bisa tercapai kalau pemerintah membuka ruang konektifitas antar negara.



“Konektifitas antar negara ini juga menentukan. Dan itu harus melalui regulasi-regulasi terkait dengan penerbangan dan harus menguntungkan semua pihak,” ucap Dadang.



Selain itu, Dadang menegaskan, di tahun 2022 ini ada lima event di Sulawesi Utara yang masuk dalam Karisma Iven Nusantara (KEN) yakni, Likupang Tourism Festival, Tomohon International Flower Festival, Festival Pesona Selat Lembeh, Festival Bunaken dan Festival Danau Tondano.



“Muda-mudahan tahun 2023 nanti, event-event di Sulut ini bertambah agar bisa bermanfaat kepada masyarakat,” tukasnya.



Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar