Ads

Minggu, 09 Oktober 2022, Oktober 09, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-09T07:45:10Z
BITUNGPariwisataPOLITIK

Dari Atas Panggung Utama FPSL 2022, Ketua MKM Wanua Bitung Tunduan Fabian Kaloh Sebut Budaya Minahasa Nyaris Hilang



Foto : Tunduan Fabian Kaloh, Ketua Majelis Kebudayaan Minahasa Wanua Bitung di panggung utama FPSL 2022 (JT)


JOURNALTELEGRAF - Ketua Presidium Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) Wanua (Kota) Bitung, Tunduan (Pemimpin dalam bahasa Minahasa,Red) Fabian Kaloh mengucapkan terima kasih kepada Tonaas Wangko Umbanua Maurits Mantiri dan Hengky Honandar yang telah memberi kesempatan MKM ambil bagian di Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022.


Hal ini disampaikan Tunduan Fabian Kaloh saat memberi sambutan pada kegiatan Lomba Pidato berbahasa Minahasa, Lomba Bintang Vokalia Minahasa dan Pentas Theater tentang Ke-Minahasa-an serta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung dalam lomba Gastronomin masak, di Panggung Utama FPSL 2022, Minggu (9/10/2022).



"Terima kasih kepada Tonaas Wangko Umbanua Maurits Mantiri dan Hengky Honandar yang telah memberi kesempatan mengisi acara di FPSL selaku Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung," jelasnya.



Tunduan Fabian Kaloh juga mengingatkan bahwa budaya Minahasa dewasa ini terkikis dengan banyaknya budaya yang masuk.


"Kami bersyukur berada di sini untuk melestarikan dan menjaga budaya Minahasa yang nyaris hilang," ungkapnya.


Kepada seluruh juri lomba masak masakan khas Minahasa, Fabian Kaloh meminta agar bisa memberi penilaian secara fair dan jujur.



"Kami meminta tim juri pada lomba masak untuk bisa memberi penilaian secara fair agar menghasilkan juara yang sebenarnya," kata Fabian Kaloh.


Sebelum ambil bagian di penyelenggaraan FPSL 2022, Majelis Kebudayaan Minahasa Wanua Bitung juga telah melakukan beberapa kegiatan. Seperti, seminar budaya, napak tilas dan upacara adat


"Sebelumnya MKM sudah melaksanakan seminar untuk menggali lebih dalam sejarah Minahasa di Kota Bitung, kami juga telah melakukan napak tilas dan upacara adat," jelas Ebby sapaan akrab Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara ini.


Reporter/Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar