Ads

Jumat, 16 September 2022, September 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-15T23:50:23Z
Sulawesi Tengah

Seminar dan Lomba Jurnalistik "Mari Viralkan Keunggulan Pariwisata Morut", Bupati Delis : Untuk Mendorong Industri Pariwisata


Foto : Bupati Morut hadiri kegiatan seminar dan  lomba jurnalistik (ist)



JOURNALTELEGRAF – Pariwisata adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian suatu wilayah dengan tujuan untuk memperoleh kepuasan, pengetahuan, kesehatan, istirahat, menjalankan tugas, dan tujuan lainnya. Destinasi wisata, situs bersejarah, kuliner, maupun kebudayaan daerah menjadikan industri pariwisata di Indonesia semakin beragam dan semarak. Keanekaragaman itu lah yang menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


Untuk itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Morowali Utara bekerjasama dengan Astra Agro menggelar seminar dan lomba jurnalistik dengan tema “Mari Viralkan Keunggulan Pariwisata Morowali Utara”.


Kegiatan yang digelar pada Kamis, 15 September 2022, bertempat di Bougenville Hotel & Resto, dibuka secara langsung oleh Bupati Morowali Utara DR. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS.


"Sumber daya alam akan habis, namun pariwisata tidak pernah habis. Destinasi sudah siap, tinggal bagaimana kita menyiapkan infrastruktur penunjang lainnya," jelas Delis.


Pemerintah Kabupaten Morowali Utara menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Harapannya rekan-rekan jurnalis dapat terus berkontribusi mendorong kemajuan potensi pariwisata Morowali Utara.


Acara bincang-bincang singkat ini berlangsung seru dan meriah dengan dihadiri sekitar 70 orang peserta dan tamu undangan. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari PT Astra Agro Lestari, Tbk kepada pemerintah Kabupaten untuk menyukseskan promosi pariwisata. Harapannya dapat menjadi ajang edukasi dan promosi dalam menciptakan dan mengangkat potensi pariwisata khususnya yang ada di Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Morowali Utara Gatot Susilo Eko Budiyanto, S.Kom menyampaikan terima kasih kepada Astra Agro yang peduli terhadap kemajuan di wilayah Morowali Utara.


"Kehadiran industri perkebunan banyak memberi dampak positif bagi masyarakat maupun kemajuan wilayah. Di dukung dengan potensi pariwisata Kabupaten Morowali Utara sangat layak untuk kita kembangkan. Ada 5 destinasi prioritas di Teluk Tomori yang akan kami kembangkan lebih dulu," kata Gatot.


Seminar ini menghadirkan Dewan Penasehat PWI Sulawesi Tengah, Tasman Banto, yang menyampaikan materi terkait peran dan kekuatan pers dalam memajukan kepariwisataan, serta tips dalam menulis feature.


Selain itu, mantan Kepala Biro LKBN Antara sekaligus Saksi Ahli Dewan Pers Sulawesi Tengah Rolex Malaha juga turut andil menjadi pembicara dalam kesempatan ini.


Sementara Jurnalis Foto Senior Antara Basri Marzuki, berbagi tips seputar teknik pengambilan foto dan video jurnalistik pariwisata.


Kegiatan seminar ini ditutup dengan pembukaan lomba jurnalistik pariwisata. Para peserta diberikan waktu dua minggu untuk dapat menggali potensi pariwisata di Kab. Morowali Utara dan menuangkan ke dalam tulisan maupun video, untuk selanjutnya diterbitkan baik ke media cetak, online, maupun Youtube Chanel untuk kemudian diikutsertakan ke dalam lomba tersebut.


Media dan Public Relations Analyst Astra Agro, Prasetyo Edho Wibowo yang bertugas menjadi moderator dalam kesempatan ini memandu diskusi yang begitu seru dan  interaktif. “Dengan kegiatan seperti ini kita berharap ikatan antara pemerintah kabupaten, jurnalis dan perusahaan dapat berjalan semakin solid,” kata Prasetyo. 


“Astra Agro sangat mendukung ide dan rencana yang dapat memberi manfaat, ini sesuai dengan motto Astra Agro “prosper with the nation”, lanjutnya sambil menyampaikan bahwa sebagai institusi bisnis, Astra Agro tidak hanya fokus pada profit (keuntungan), tapi  juga bagaimana kehadiran dan operasional perusahaan dapat memberi manfaat bagi people (orang), dan planet (alam dan lingkungan sekitar).


Di akhir kegiatan, para peserta seminar juga diajak untuk menikmati pemandangan wisata Teluk Tomori yang juga menjadi salah satu ikon pariwisata Morowali Utara. Para peserta begitu antusias dalam mengikuti rangkaian acara tersebut


Reporter : Athomo Lagaronda

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar