Ads

Rabu, 14 September 2022, September 14, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-14T07:17:04Z
BITUNG

Ny Rita Mantiri Tangkudung Paparkan Berbagai Program Dekranasda Bitung Pada Rapat Kerja Bersama 15 Daerah Se- Sulut

Foto : Ketua Dekranasda Kota Bitung saat mengikuti Rakerda (ist)




JOURNALTELEGRAF - Ketua Dewan Kerajinan Nasioanal Daerah (Dekranasda) Kota Bitung Ny. Rita Mantiri - Tangkudung, bersama jajaran mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di salaj satu hotel di Kota Manado, Rabu (14/9/2022).




Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw.




Pada kesempatan itu Ketua Dekranasda Kota Bitung dan seluruh ketua Dekranasda kabuoaten kota didaulat untuk memberikan laporan dan presentasi terkait kegiatan sudah, sementara dan akan dikerjakan di daerah masing masing.




Dalam laporannya,  Ny. Rita Mantiri Tangkudung menjelaskan bahwa, di Kota Bitung sementara dikembangkan batik khas Bitung dan sudah melakukan MOU dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta tentang kerjasama pengembangan industri kecil menengah kerajinan dan batik di Kota Bitung, serta surat perjanjian kerja sama tentang optimalisasi teknologi proses pengembangan desain batik, canting cap dan contoh produk batik khas daerah yang saat ini menuju kota digital.



 



Selain itu, istri Wali Kota Bitung ini juga  melaporkan tentang promosi produk kerajinan, yang sudah dilakukan serta menerima kunjungan kerja ketua PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian pada 31 juli sampai 2 agustus 2022 lalu. 




"Adapun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ini, yaitu  lomba Kriya Bitung 2022, pelatihan lanjutan kulit jagung, pameran Kriya Nusantara, (september), pelatihan membatik (oktober), sosialisasi kain batik khas Bitung dan fashion show KPD, TP.PKK, DWP, DEKRANASDA, lomba kebaya dan batik khas Bitung, pelatihan pemanfaatan bahan limbah oleh rumah pasir, pelatihan pemanfaatan akar kayu mina (november)," jelasnya.




Rakerda ini di hadiri oleh Ketua Dekranasda Prov Sulut, Ny.Rita Dondokambey Tamuntuan, Kadis Perdagangan Sulut selaku Ketua Harian Dekranasda Prov Sulut, para ketua dekranasda kab/kota se prov Sulut bersama pengurus.





Reporter/Editor : Arham dila Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar