Ads

Jumat, 16 September 2022, September 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-16T01:54:13Z
BITUNG

Maurits-Hengky Sebut "Adipura" Cermin Karakter Masyarakat Sebuah Kota



Foto : Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar pimpin rapat persiapan penilaian Adipura 2022 (ist)


JOURNALTELEGRAF - Sebagai kota peraih Piala Adipura terbanyak di Sulawesi Utara, kemampuan  Kota Bitung sudah tidak diragukan lagi.



Selama 13 kali berturut turut Piala Adipura sebagai salah satu kota sedang terbersih di Indonesia diraih kota yang kini dipimpin oleh Maurits Mantiri dan Hengky Honandar sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung.



Untuk menjaga piala itu tetap bisa ada di Kota Bitung, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar didampingi Pk Sekda, Ignatius Rudy Theno membuka sosialisasi persiapan penilaia Adioura tahun 2022, Kamis (15/9/2022).




Menurut Hengky, Adipura bukan sekedar piala bagi sebuah kota. Adipura adalah cermin bagaimana masyarakat kota tersebut menjaga kebersihan, keteduhan dan keindahan kotanya.




"Ini sangat penting karena wujud komitmen kita bersama untuk menjaga kebersihan, keteduhan dan keindahan daerah kita secara berkelanjutan sehingga Kota Bitung dapat menjadi kota bersih,sehat dan hijau," kata Hengky Honandar yang didampingi juga oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung, Merianti Dumbela.




Lanjut Hengky, sesuai arahan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, prinsip tara kelola pemerintahan yang baik dan tata kelola lingkungan yang harus diterapkan.




"Sasaran dari program Adipura adalah mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintah yang baik dan tata kelola lingkungan yang baik. Sedangkan tujuan dibalik penghargaan Adipura antara lain, untuk menurunkan tingkat populasi dari limba domestik, merealisasikan kesehatan lingkungan, dan merealisasikan budaya bersih lingkungan," jelasnya.

 


Olehnya melalui sosialisasi penilaian adipura tahun 2022 ini, Hengky menegaskan bahwa ini menjadi suatu moment penting untuk mengangkat semua pihak, akan pentingnya pengelolaan sampah dan upaya untuk menurunkan timbulan sampah untuk meningkatkan kualitas kehidupan menjadi lebih baik. 



"Masalah kebersihan ini menjadi tanggung jawab bersama, antara pemerintah dan seluruh masyarakat," pungkasnya.


Merianti Dumbela, selaku Kadis DLH Kota Bitung mengatakan jika pada tahun 2020 dan 2021 saat pandemi tidak ada penilaian Adipura.


"Jadi total Kota Bitung sudah meraih 14 Piala Adipura dan 13 kali berturut. Kita akan pastikan tahun 2022 ini, Adipura akan tetap ada di Kota Bitung," jelasnya.


Reporter/Editor : Arham dila Licin




Reporter/Editor : Arham dila Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar