Ads

Kamis, 01 September 2022, September 01, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-01T05:45:56Z
BITUNGPEMERINTAHAN

Komitmen Rawat Lingkungan, Maurits - Hengky Terus Sosialisasi "Kamis Tanpa Kendaraan Bermotor"



Foto : Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar saat menggunakan angkutan kota menuju kantor (ist)



JOURNALTELEGRAF - Komitmen Pemkot Bitung dibawah kepemimpinan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar mengurangi emisi gas buang terus disosialisasikan.




Tidak hanya sekedar sosialisasi, akan tetapi dilakukan dengan cara berangkat ke kantor tanpa menggunakan kendaraan dinas atau pribadi bagi ASN setiap hari kamis.





"Semua harus dimulai dari sekarang agar menjadi kebiasaan, karena dampak dari tidak membawa kendaraan dinas atau kendaraan pribadi ke kantor akan membantu menyelamatkan lingkungan dari polusi udara, manfaat kesehatan, membantu pekerja angkutan umum dalam segi ekonomi, membantu memperlancar lalu lintas dan masih banyak lagi dampak positif dari kegiatan kamis tanpa kendaraan dinas dan kendaraan pribadi bagi ASN, PPPK dan THL di lingkungan pemerintah Kota Bitung," jelas Hengky, Kamis (1/9/2022).





Diketahui kamis tanpa kendaraan bermotor bagi jajaran Pemkot Bitung ini sudah dimulai sejak awal agustus, dan dampak dari kebijakan ini adalah penghematan dari segi bbm yang terpakai untuk kendaraan dinas dan kendaraan pribadi milik ASN, PPPK dan THL ini kurang lebih  Rp. 65.000.000.




"Bayangkan saja jika ini terserap ke masyarakat pekerja angkutan umum, pasti akan berpengaruh terhadap pergerakan ekonomi di tengah masyarakat," tutup suami Ellen Honandar Sondakh ini.




Dikutip dari Wikipedia, emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin pembakaran dalam, mesin pembakaran luar, mesin jet yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin.


Komposisi gas buang   : Sisa hasil pembakaran berupa air (H2O), gas CO atau disebut juga karbon monooksida yang beracun, CO2 atau disebut juga karbon dioksida yang merupakan gas rumah kaca, NOx senyawa nitrogen oksida, HC berupa senyawa Hidrat arang sebagai akibat ketidak sempurnaan proses pembakaran serta partikel lepas.


Dampak negative/Kerugian yang ditimbulkan dari emisi gas buang adalah:


Pemicu hipertensi, Penyebab iritasi mata, Penurunan kecerdasan otak, Mengganggu perkembangan mental anak, Tenggorokan gatal dan batuk-batuk, Mengurangi fungsi reproduksi laki-laki.


Strategi untuk mengurangi emisi gas buang adalah dengan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor.





Reporter/Editor : Arham dila Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar