Ads

Kamis, 22 September 2022, September 22, 2022 WIB
Last Updated 2022-10-02T04:57:17Z
Sulawesi Tengah

DPRD Morut Dorong Percepatan Pembangunan Ibu Kota Kolonodale


JOURNALTELEGRAF - Legislatif dan Eksekutif Kabupaten Morowali Utara (Morut) bersinergi lakukan pembenahan pembangunan daerah Morut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Morut dorong percepatan pembangunan Ibu Kota Kolonodale.


Demikian diungkapkan Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Morut, Muh.Safri kepada awak media usai rapat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pokok tahun anggaran 2023 Kabupaten Morut, Rabu (21/9/22).


Pada kesempatan yang sama, Muh.Safri yang juga ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Morut ini juga menegaskan, untuk tahun 2023 kota Kolonodale harus dibangun.


“Pembangunan Kota Kolonodale merupakan salah satu wujud kecintaan kita terhadap daerah Morowali Utara. Ditahun 2023, seluruh anggaran di Dinas PUPR Morowali Utara sebesar 35Milyar rupiah kita fokuskan untuk membangun Kota Kolonodale. Jadi tidak ada lagi alasan kota Kolonodale tidak dibangun. Pokoknya 2023 pembangunan kota Kolonodale, harga mati”, tandas Safri.


Menurutnya, kota Kolonodale merupakan hal sangat penting, mengingat peran dan fungsinya sebagai sentral pemerintahan Kabupaten Morut.


Pemberdayaan BUMD upaya meningkatkan PAD Morut


Disisi lain, terkait peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), Safri kembali menegaskan, DPR-D meminta Pemerintah Daerah (Pemda) morut segera memberdayakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah terbentuk.


Politisi senior PKB ini juga menyatakan, jika BUMD diberdayakan maksimal, maka pendapatan asli daerah akan meningkat signifikan.


“Saya garansi PAD mampu menghasilkan incom 150 hingga 250Milyar, bahkan lebih Pertahunnya. Artinya ada sektor pendapatan daerah yang riil. Apalagi yang ditunggu, DPR sudah menetapkan Perdanya, terus Apalagi alasan pihak Pemda saat ini”, kata Safri.


Hal tersebut diamini sekertaris Dinas PUPR Alamsah, saat dikonfirmasi usai rapat pembahasan APBD Pokok untuk tahun anggaran 2023 diruang rapat Komisi I DPRD Morut.


“Iya pak, master plannya sudah jadi. Kami bekerjasama dengan akademisi dari Universitas Hasanuddin Makassar untuk membuat master plannya, tinggal eksekusi”, katanya.



Reporter : Artomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar