Ads

Selasa, 06 September 2022, September 06, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-12T01:38:58Z
Sulawesi Selatan

BBM Naik, Aktivis Buruh dan Mahasiswa Bulukumba Kecam Kebijakan Pemerintah





JOURNALTELEGRAF-Ratusan massa yang tergabung dalam aliansi Buruh dan Mahasiswa se Bulukumba geruduk gedung DPRD dengan aksi demontrasi protes kenaikan BBM subsidi, Senin (5/9/2022).


Mereka disambut petugas keamanan dan diperbolehkan masuk ke halaman dedung DPRD untuk menyampaikan tuntutannya.


Meski diijinkan masuk ke ruang aspirasi rakyat, namun massa aksi menolak untuk masuk, mereka menghendaki anggota DPR segera keluar dari gedung dan menemui langsung massa aksi.



Meski sempat tegang, kondisi terlihat masih tertib dan terkendali. 


Asdar Sakka selaku Jenlap, dalam orasinya mengecam kebijakan Jokowi yang secara sepihak menaikkan harga BBM.


Tak hanya itu, aktivis buruh ini juga meminta anggota DPRD tidak hanya tinggal diam menyikapi persoalan ini.


"Kepada wakil rakyat (DPRD) Bulukumba, kami datang kesini menyampaikan aspirasi rakyat, yang mana kami menolak kebijakan kenaikan harga BBM," kata Asdar saat berorasi di depan Gedung DPRD Bulukumba, Senin (5/9/22).


"Kenaikan BBM berdampak buruk bagi semua sektor, terutama pada buruh dan petani. Apalagi kata dia, UMP tiga tahun belakangan ini tidak naik," tambahnya.


Tak hanya itu, Asdar pun meminta agar pemerintah daerah Bulukumba menerapkan Upah Minimum Kabupaten(UMK). Meski diketahui masih banyak pekerja di Bulukumba digaji dibawah upah yang tidak layak.


Senada Asdar Sakka, Agus Salim aktivis mahasiswa pun menyayangkan sikap DPRD Bulukumba yang merasa enngan menemui massa aksi.

Meski begitu, kata Agus, hanya dua fraksi saja yang berani menemui massa, "Kami mengecam sikap dan prilaku anggota DPRD Bulukumba yang tidak berada ditempat untuk menemui mahasiswa," tegas Agus.


Agus meminta agar DPRD menyatakan sikap penolakan terkait naiknya harga BBM, bahkan berjanji akan melakukan aksi dengan massa yang lebih besar.


"Kami meminta DPRD Bulukumba agar aspirasi kami tidak hanya mentok di tingkat daerah, akan tetapi suara rakyat Bulukumba harus disampaikan ke pusat," katanya tegas.


Reporter/Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar