Ads

Rabu, 03 Agustus 2022, Agustus 03, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-03T13:02:15Z
Morowali utaraPEMERINTAHAN

Terpilih Ikuti Program Bergengsi IVLP 2022, Bupati Morowali Utara Terbang Ke Amerika Serikat



Foto : Bupati Morut saat berada di Amerika Serikat (ist)


JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS terpilih untuk mengikuti program bergengsi yakni International Visitor Leadership Program (IVLP) tahun 2022 di Amerika Serikat.


Untuk periode kali ini, Bupati Delis merupakan satu-satunya bupati di Indonesia yang diundang untuk mengikuti IVLP. Tema kali ini adalah Enviroment Advocacy in Industrial Areas.


Peserta dari Indonesia hanya sebelas orang. Mereka akan bergabung dengan peserta dari beberapa negara lainnya.


Selain di Washington, para peserta pilihan itu akan mengunjungi beberapa Negara Bagian dengan materi tertentu.


Jadwal kunjungan yang sudah disiapkan pihak AS di antaranya:


Tanggal 30 Juli - 6 Agustus di Washington: Federalisme dan pertemuan bersama pejabat bidang lingkungan Amerika Serikat.


Tanggal 6-10 Agustus di Huntsville, Alabama, dengan kegiatan pertemuan bersama aktivis lingkungan Amerika Serikat.


Tanggal 10-16 Agustus di Santa Fe, New Mexico, untuk pertemuan bersama influencers lingkungan Amerika Serikat.


Tanggal 16-20 Agustus di Boulder, Colorado, dengan materi pertemuan bersama pemimpin muda lingkungan Amerika Serikat.


Dalam pertemuan penyambutan peserta IVLP dari Indonesia di Washington, Pejabat Asia Pasifik Kemenlu AS, Ms. Kim Jenkins mengemukakan peserta yang terpilih adalah bentuk pengakuan pemerintah Amerika untuk prestasi dan kerja  selama ini.


"Anda tidak sadar bahwa kerja-kerja Anda selama ini dipantau dan menarik  perhatian orang termasuk pemerintah Amerika," ujarnya.


Dalam pertemuan itu Bupati Delis menggunakan topi bate (siga) warna merah sehingga tampak menonjol dari peserta lainnya.


Untuk diketahui, melalui program IVLP para pemimpin dari seluruh dunia diundang khusus berkunjung ke AS untuk bertemu dengan para profesional dan perwakilan dari organisasi sektor publik.


Undangan itu sangat terbatas dan melalui proses seleksi yang ketat. Hanya orang-orang terpilih dan memiliki kriteria khusus yang punya peluang.


"Saya sendiri mengikuti seleksi tahun 2021 lalu. Saya tidak pernah tanya apakah lolos seleksi atau tidak. Tiba-tiba saya dapat pemberitahuan sekaligus undangan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk siap-siap ke AS," jelas Bupati Delis, beberapa saat sebelum bertolak ke AS.


Bupati Delis berangkat dari bandara internasional Soekarno-Hatta Jakarta pada Jumat (29/7/2022) Malam. Sesuai jadwal, ia sudah harus melapor di Washington pada keesokan harinya.


Program ini berlangsung 19 hari. Jika tak ada perubahan jadwal, Bupati Delis akan kembali ke Indonesia pada tanggal 24 Agustus mendatang.


Proses seleksi untuk mengikuti program IVLP dilakukan pihak Kedubes Amerika di Jakarta melalui tiga konsulat Amerika yakni Konsulat Jenderal Surabaya, Konsulat Medan dan Konsulat Denpasar.


Bupati Delis sendiri mengikuti wawancara yang dilaksanakan Konjen Surabaya yang area koordinasinya meliputi wilayah Indonesia bagian timur.


"Saya bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mengikuti program IVLP yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat. Ini kebanggaan bagi Morut karena tidak gampang untuk masuk dalam jaringan ini," jelas Delis.


Program IVLP disponsori Pemerintah Amerika Serikat sejak era kepemimpinan Franklin D Roosevelt pada 1940. Biaya tiket, akomodasi, dan perlengkapan lainnya, semuanya ditanggung pemerintah AS. Peserta tinggal berangkat saja.


Masing-masing IVLP memiliki tema yang berbeda, seperti kepemimpinan muda, pemerintahan, lingkungan dan perubahan cuaca, pemberdayaan gender, kejahatan dunia maya, kesehatan publik, keamanan internasional, dan bidang-bidang lainnya.


Program ini menyasar orang-orang tertentu, khususnya pemimpin yang memiliki pengaruh dan kontribusi besar di bidangnya masing-masing.


Lebih dari 320 alumni IVLP saat ini sedang atau pernah menjadi pemimpin negara.



Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar