Ads

Kamis, 04 Agustus 2022, Agustus 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-04T04:28:30Z
PEMERINTAHAN

Pemkab Buol Matangkan Gerakan Memasang 10 Juta Bendera Merah Putih Sambut HUT RI Ke-77


Foto : Rapat pematangan gerakan 10 juta bendera merah putih (ist)



JOURNALTELEGRAF - Menidaklanjuti hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Perayaan HUT RI ke -77 dan rencana Pencanangan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa, (26/7/2022), Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Buol, Kasim memimpin Rapat Persiapan Gerakan Pengibaran Bendera 10 juta dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke- 77 di Ruang Kerja Asisten Pemerintahan dan Kesra, Selasa (2/8/2022).




Rapat yang juga diikuti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Arianto Rioeh, Asisten Administrasi Umum Lani Irawati, SE M Si, Kaban Kesbangpol, Mansyur AR Hentu, Kadis Porapar, Tonang Mallongi, Kadis Kominfo-SP Suondo D Sanua, Kadis P3A BPMD Yani L Saad, Para Camat, serta jajaran pejabat di Lingkungan Setda Kab Buol.




Beberapa poin yang merupakan hasil rapat tersebut disampaikan Kaban Kesbangpol, Mansyur AR Hentu yakni bahwa Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.




"Selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Mansyur mengutip keterangan dari Kemendagri.




Lanjutnya, bahwa gerakan ini melibatkan seluruh elemen masyarajat, ASN, pihak swasta dan perangkat daerah.




"Gerakan pembagian 10 Juta Bendera akan melibatkan Masyarakat, ASN, Swasta, Sekolah-sekolah. Masing-masing Camat bertanggung jawab atas suksesnya program ini di wilayahnya masing-masing. Khusus yang ada di perbatasan Buol – Tolitoli mulai dari jembatan yang ada di Lakuan dan sepanjang jalan menjadi tanggung jawab camat Lakea, Kemudian batas Buol – Gorontalo dari Molangato tanggung jawabnya Camat Paleleh, jelasnya.




Sementara untuk wilayah kota, setiap OPD memasang umbul-umbul merah putih sebanyak 5 (lima) bendera di median jalan sesuai dengan pembagiannya, kemudian menyiapkan 30 bendera untuk dipasang di motor dan 15 bendera untuk dipasang di mobil.




"Rencana pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih akan dilaksanakan hari Jumat tanggal 5 Agustus 2022 diawali Senam Pagi Bersama menggunakan kostum Olah Raga Merah Putih di pusatkan di Tugu Kompleks Mesjid Agung Kelurahan Leok 2," katanya.





Sesudah melaksanakan senam bersama, Dinas Perhubungan mengkoordinir pembagian bendera pada kendaraan yang melintas dilanjutkan dengan pemasangan bendera umbul-umbul sepanjang median jalan.




"Semua proses pencanangan Gerakan Pembagian 10 Bendera di dokumentasikan untuk kemudian di kirim ke Dirjen Politik dan PUM Kemendagri sebagai Laporan," pungkasnya.





Reporter : Syabru


Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar