Ads

Rabu, 31 Agustus 2022, Agustus 31, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-31T01:41:57Z
BITUNGPEMERINTAHAN

Ikuti Rakor Terkait Inflasi, Wawali Bitung Sebut Data Dan Informasi yang Paling Penting


Foto : Wakil Wali Kota Bitung saat mengikuti rakor terkait inflasi bersama Mendagri (ist)



JOURNALTELEGRAF - Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, Senin (30/8/2022) 




Dalam Rapat tersebut, Mendagri menjelaskan bahwa  bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Indonesia termasuk negara yang bisa mengendalikan COVID-19 dan survive secara ekonomi. 




Tito Karnavian mengungkapkan bahwa ekonomi Indonesia tumbuh relatif cukup baik. 




"Namun ada hal yang perlu diwaspadai yaitu ketidakmampuan negara-negara lain mengatasi pandemi COVID-19 dan ketidakmampuan negara lain menjaga ekonominya yang bisa berdampak ke Indonesia karena Indonesia merupakan bagian dari sistem globalisasi ekonomi," jelas Tito.




Ditambah lagi perang Rusia dan Ukraina yang berdampak terhadap perekonomian. Invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan ekonomi global mengalami efek dari pertumbuhan yang lebih lambat dan inflasi yang lebih cepat. Dampak tersebut akan mengalir ketiga saluran utama. Antara lain harga komoditas yang lebih tinggi, ekonomi dan perdagangan akan terganggu serta berkurangnya kepercayaan bisnis dan ketidakpastian.





"Menempatkan isu inflasi ini menjadi isu prioritas, jangan membuat masyarakat panik, agar dapat mengaktifkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah juga Satgas Pangan, BBM bersubsidi harus lebih tepat sasaran kepada masyarakat tidak mampu, melaksanakan gerakan penghematan energi dan gerakan tanam pangan cepat panen, lakukan kolaborasi antar daerah," kata mantan Kapolri ini.




Lanjutnya, Presiden Joko Widodo berpesan melalui Mendagri agar kiranya melakukan analisa ketika mucul kenaikan harga dan mencari solusi untuk itu. serta melakukan Inovasi sesuai dengan koridor hukum yang ada. 




Wakil Wali Kota pun mengatakan agar kiranya dapat mencatat hal-hal apa saja nantinya akan dilakukan Pemerintah Kota Bitung, dalam mengendalikan Inflasi yang terjadi di daerah.



"Ingat, informasi dan data sangat dibutuhkan dalam penanganan ini agar sasaran kita tepat dalam penanganannya," kata Hengky.





Reporter/Editor : Arham dila Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar