Ads

Rabu, 17 Agustus 2022, Agustus 17, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-17T08:53:08Z
Danlanal TolitoliHUT RI 77kabupaten tolitoliLANAL TolitoliSulawesi Tengah

HUT RI Ke-77 Tahun, TNI AL Tolitoli Kibarkan Bendera Merah Putih Di bawah Laut


JOURNALTELEGRAF - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan pasukan selam andal untuk mengibarkan bendera merah putih di 77 lokasi bawah laut yang tersebar di seluruh Indonesi pada 17 Agustus 2022.


Pusat pengibaran merah putih di bawah laut ini dilaksanakan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.


Berdasarkan data Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) sebanyak 886 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI, PoIri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan masyarakat akan berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus memecahkan rekor MURI.


Pengibaran bendera merah putih di 77 titik diseluruh perairan Nusantara secara serentak, mengusung tema "Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".


Di wilayah Tolitoli, upacara pengibaran bendera di bawah laut dilaksanakan di laut Lalos, Desa Lalos, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.


Dalam pelaksanaan pengibaran bawah laut kali ini, Pangkalan TNI AL melibatkan  penyelam dari Prajurit TNI AL, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, Klub selam, awak media dan masyarakat Kabupaten Tolitoli. 


Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Suharto, S.E., M.Tr.Opsla kepada media ini mengatakan Prajurit TNI Angkatan Laut adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih serentak di 77 titik perairan Indonesia dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran dalam menjaga Negara Kedaulatan Repubik Indonesia.



"Kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini adalah untuk menguatkan semangat Nasionalisme dan juga untuk menunjukkan betapa luasnya lautan Nusantara yang memiliki jutaan kekayaan didalamnya yang harus tetap terjaga keutuhannya," ujar Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Suharto, S.E., M.Tr.Opsla.


Lebih lanjut, kegiatan ini bertujuan untuk bersinergi bersama seluruh emelem masyarakat demi kejayaan maritim Indonesia, sesuai dengan tema kemerdekaan ke-77 RI yakni Indonesia Pulih dengan Cepat dan Bangkit Secara Kuat.


"Prajurit TNI Angkatan Laut Tolitoli adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia," jelas Komandan Lanal Tolitoli.


Danlanal mengatakan momen pengibaran bendera di bawah laut bertujuan menunjukkan betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya.


"Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas sampai Pulau Rote," ujarnya.


Para penyelam membawa bendera merah putih pada kedalaman kurang lebih 15 meter dengan susunan Inspektur Upacara, Komandan Upacara, Pengibar Bendera kegiatan dilaksanakan dengan aman tanpa ada kendala.


 


Editor/Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar