Ads

Kamis, 04 Agustus 2022, Agustus 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-04T11:37:10Z
Sangihe

Desa Utaurano Kembali Raih Penghargaan, Herdyanto : Demi Desa Lebih Maju dan Sejahtera

Kades Utaurano, Herdyanto Takapulung (Kanan Atas)


JOURNALTELEGRAF - Semenjak dipimpin oleh Herdyanto Takapulung, Desa Utaurano, Kecamatan Tabukan Utara terus maju dan berkembang ke arah yang lebih baik. Berbagai terobosan yang dilakukan oleh Herdyanto pun selalu menorehkan prestasi dan penghargaan.


Baru-baru ini, Desa Utaurano kembali menyabet penghargaan sebagai terbaik pertama atau juara satu dalam Lomba Desa Briliant khusus wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.


Terkait faktor penilaian yang dilakukan, Kepala Desa Utaurano Herdyanto Takapulung mengatakan bahwa ada dua faktor penentu dalam penilaian yakni Pengelolaan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).


"Untuk penilaian pada pengelolaan bumdes dilihat dari cara manajemennya seperti laporan keuangan hingga dampak dari hadirnya Bumdes tersebut. Sementara untuk UMKM, yang dilihat ialah hasil produk desa, lalu peran bumdes dalam menciptakan lapangan pekerjaan melalui lahirnya UMKM," jelas Herdyanto.


Sementara terkait keikutsertaan Desa Utaurano dalam perlombaan ini, Kata Herdyanto merupakan rekomendasi dari lembaga perbankan.


"Untuk tahun 2022, rekom dari BRI ada dua desa yaitu Desa Utaurano dan Desa Bowongkulu Satu," ucapnya.


Dengan perolehan kembali penghargaan untuk desa, Herdyanto hanya berharap bahwa Dirinya bersama dukungan masyarakat, mampu membawa desa semakin maju dan sejahtera.


"Harapan kami, bagi pengurus bumdes semuanya, terus giat dalam mengelola bumdes sehingga tujuan bersama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat bisa tercapai. Untuk masyarakatku, mari kita terus tingkatkan kreatifitas masing-masing dalam menghasilkan produk-produk desa yang memiliki daya saing tinggi agar dapat menghadirkan income yang baik untuk pemenuhan kebutuhan keluarga," ungkapnya.


Kades Herdyanto yang terkenal ramah dan rendah hati inipun tak lupa menghaturkan ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu.


"Setelah kurang lebih 2 bulan mengikuti tahapan seleksi, Kami atas nama pribadi maupun pemerintah desa menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung program ini, terlebih kepada Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan, Pihak Unsrat Manado, Dinas PMDD Sangihe, Kepala cabang BRI Tahuna,Arya Gani Agusta dan tim, ada Pak Rio, Pak Man, Kepala Unit BRI Petta, Teman-Teman Mantri, Perangkat dan yang lainnya, Kami ucapkan terima kasih," tuturnya.


Berikut hasil perlombaan Desa Brilian khusus wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua : 

1.Desa Utaurano, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara 

2.Desa Nupa Bomba, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

3.Desa Palaes, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.



Reporter/Editor : Dendy Abram 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar