Ads

Selasa, 26 Juli 2022, Juli 26, 2022 WIB
Last Updated 2022-07-26T06:08:58Z
Danlanal TolitoliHari Mangrove Seduniakabupaten tolitoliSulawesi Tengah

Hari Mangrove se-Dunia, TNI AL Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Kawasan Pesisir Pantai Tolitoli

 

MANGROVE - Aksi penanaman mangrove di perairan Tolitoli belakang gedung Maramba Jl. Baru Kel. Panasakan Kec. Baolan Kab. Tolitoli, Selasa (26/07/2022).


JOURNALTELEGRAF - Peringati Hari mangrove sedunia Tahun 2022, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tolitoli tanam 5.000 batang pohon mangrove bertempat di perairan Tolitoli belakang gedung Maramba Jl. Baru Kel. Panasakan Kec. Baolan Kab. Tolitoli, Selasa (26/07/2022).



Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan penanaman 1.000.377 di 77 lokasi yang dipimpin secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.



Sejumlah pejabat atau pewakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Tolitoli turut hadir dalam dalam seremonial penanaman tersebut, di antaranya Bupati Tolitoli, Amran Hi Yahya, Sekda Kab. Tolitoli, Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Danlanal, Letkol Laut (P) Suharto, S.E., M.Tr.Opsla, Dandim 1305/BT, Letkol Inf Lawdewick Brucelee Karthnie, S.Sos, Kapolres Tolitoli, AKBP Ridwan Raja Dewa, SIK.Kadis Perikanan, Sudirman, Kacab BSI Tolitoli, Inhar Ramli, Ka KPPN Tolitoli, Paulus Noa, S.H, Ka UPBU Kelas III Sultan Bantilan Tolitoli, Asri Alie, Camat Baolan, Andi Irmayanti Azis, Pimpinan Bank Mandiri Cab. Tolitoli, Oki, Lurah Panasakan, Zainal Abidin, Kepala Stasiun RRI Tolitoli, Hardi Siku, Kepala Bank Sulteng Tolitoli, Sultan, Ka Ksop, Nethanel Romondor, GM Pelindo Tolitoli, Benny, S.T., Ka Pertamina Tolitoli, Ismail, Kepala UPT KPH Gunung Dako, Ir. Jarnoto, Direktur BSTM Tolitoli, Widiyatmoko, Sakabahari berjumlah kurang lebih 30 orang, Mahasiswa universitas Madako berjumlah kurang lebih 15 orang, Masyarakat pesisir Kel. Panasakan berjumlah kurang lebih 20 orang.



Dalam sambutannya, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya mengapresiasi aksi penanaman mangrove yang diinisasi oleh TNI AL Tolitoli.


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diinisiasi oleh kawan-kawan sekalian. Saya berharap kegiatan positif ini dapat dilakukan bersama-sama,"ungkap Amran Hi. Yahya.


Lanjutnya lagi, Penanaman mangrove ini merupakan bentuk kecintaan kita terhadap generasi berikutnya yakni anak cucu kita dan lingkungan.



" Lingkungan yang sehat adalah warisan bagi generasi berikutnya, saya berharap kegiatan penanaman mangrove ini terus di lakukan secara berkelanjutan, kita juga tidak boleh menganggap remeh tanaman mangrove ini apalagi dilakukan penebangan secara sembarangan, " tukas Bupati Tolitoli.


Senada dengan hal itu, Komandan Lanal Tolitoli Suharto,S.E.,M.Tr.Opsla mengatakan kegiatan ini bertemakan Sinergitas penanaman mangrove nasional secara serentak 2022, TNI AL bersama rakyat siap mendukung program penanggulangan bencana dan perubahan iklim global.



Danlanal memaparkan penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah, memberikan wawasan dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan.


“Kita disini hanya mengakomodir saja penanaman yang telah dilaksanakan beberapa kali yang dilakukan oleh jajaran TNI AL,” kata Suharto.


Aksi penanaman mangrove ini juga untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan Presidensi Indonesia dalam G20.




Editor/Reporter : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar