Ads

Selasa, 21 Juni 2022, Juni 21, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-21T07:01:49Z
Bupati Morowali Utarakabupaten Morowali UtaraSulawesi Tengah

Wabub Morut Buka Kegiatan Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI


JOURNALTELEGRAF - Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K. S.Pd, M.Pd buka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di lingkungan Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara di Aula Hotel Bougenville Kolonodale pada Selasa, 21 Juni 2022.


Aplikasi SRIKANDI merupakan salah satu aplikasi yang telah ditetapkan oleh Kemenkominfo RI dan telah dikembangkan oleh Arsip Nasional RI (ANRI) untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi.


Tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini antara lain selain untuk meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah dalam pengelolaan arsip sesuai kententuan perundang-undangan yang berlaku,  diharapkan juga dapat mewujudkan gerakan sadar tertib arsip sebagai salah satu bentuk Smart Government dilingkungan instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara. 


Dalam sambutannya, Wakil Bupati menegaskan bahwa arsip merupakan elemen penting dimana tata kelola serta penyimpanan nya harus dilakukan secara tertib dan rapi. Oleh karena itu, di era digital seperti saat ini, pengelolaan arsip harus dilakukan secara digital mengingat banyaknya kelemahan serta keterbatasan pengarsipan apabila dilakukan secara manual.


Aplikasi Srikandi ini diharapkan dapat meningkatkan dan menyempurnakan sistem kearsipan dinamis dan terintegrasi sehingga dapat terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif dalam pelayanan informasi yang maksimal agar keberadaan arsip dapat berfungsi sebagaimana mestinya seperti berdaya guna dan berhasil guna. 


"Sudah saatnya kita beralih dari sistem pengarsipan manual ke sistem pengarsipan digital. Aplikasi Srikandi ini merupakan aplikasi yang tepat dalam menunjang sistem pengarsipan secara digital. Oleh karena itu, kami berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta bagi Daerah yang kita cintai ini", tegasnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Yanismal Botuale SE, MM selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Morowali Utara dan Indrawati S.Sos selaku narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. 


Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Morowali Utara Yanismal Botuale SE, MM, narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Indrawati S.Sos, serta operator dari masing-masing OPD pada lingkup Pemda Morowali Utara. 



Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar