Ads

Rabu, 29 Juni 2022, Juni 29, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-29T12:26:54Z
PEMERINTAHAN

Rudy Theno Pimpin Rapat PAD dan EPRA



Foto : Sekda Kota Bitung, Rudy Theno pimpin Rapat PAD dan EPRA (ist)


JOURNALTELEGRAF - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung, Rudy Theno memimpin Rapat Pendapatan Asli Daerah dan Evaluasi Pencapaian dan Rencana Anggaran (EPRA), Selasa (28/06/2022) di Ruang SH Sarundajang.




Dalam sambutan Wali Kota Bitung yang dibacakan Sekda, yang intinya meminta seluruh Kepala Perangkat Daerah bekerja keras dalam rangka memenuhu capaian penerimaan pendapatan asli daerah tetap stabil dan terserapnya belanja pemerintah secara efektif dan efisien.




"Namun disisi lain masyarakat tidak boleh terbebani, belanja pemerintah harus dipakai sebagai instrumen umum dalam rangka menggerakkan dan menyeimbangkan perekonomian daerah, kepqda KP yang terkait harus lebih memampukan diri untuk lebih kontributif dalam mengrvaluasi langkah langkah konkrit demi mencapai target strategis yang kita harapkan," ucapnya.




Sesuai dengan laporab sebelumnya bahwa dari target pajak daerah tahun 2022 sebesar 62,2 miliar terealisasi sampai tanggal 24 Juni 2022 adalah 27,37 miliar atau 43,7 persen dari target.




Lewar sambutannya tersebut, Maurits juga mengingatkan untuk melakukan pendekatan identifikasi dan penyesuaian tarif agar terus menerus dilakukan dengan harapan semua potensi PAD benar benar terdata dengan baik pada tarif yang realistis.


 



"Pentingnya PAD sebagai salah satu sumber daya pembangunan daerah yang akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, oleh sebab itu perlu terus digali potensi serta berbagai peluang pendapatan yang dimiliki daerah yang mungkin selama ini belum digarap secara maksimal," jelasnya.





Terkait penyerapan anggaran, Maurits meminta untuk melaksanakan sesuai petunjuk teknis pelaksanaan dan target yang sudah ditetapkan jangan sampai ada hambatan dari internal.





"Terkait persoalan pajak dan retribusi untuk PAD ini menjadi tanggung jawab bersama baik pemkot, kecamatan dan kelurahan serta seluruh elemen masyarakat Kota Bitung percepatan kerja dalam pelayanan tidak bisa ditunda bahkan harus dipercepat. Kami pun tetap mengingatkan dalam mengambil keputusan l, oemerintag harus terus berwujud data serta ilmu oengetahuan dan teknologi terbaru. Semangat peningkatan PAD inu harus mewabah sampai pada masyarakat sebab peruntukannya juga akan menyentuh kesemua aspek aktivitas pemerintag dan masyarakat, baik kesehatan, pendidikan, pembangunan infrastruktur dan lain. Semakin tinggi pendapatan asli tingkat kota, maka semakin maju Kota Bitung tercinta," tutupnya.




Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar