Ads

Rabu, 29 Juni 2022, Juni 29, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-29T09:43:33Z
Bupati Morowali Utarakabupaten Morowali UtaraSulawesi Tengah

Perayaan HUT Ke-104 Desa Tontowea, Bupati Morut Ingatkan Ini Pada Masyarakat


JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS fokuskan pembangunan insfrastruktur jalan, peningkatan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat Desa Tontowea. 


Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Delis pada Perayaan HUT Ke-104 Desa Tontowea yang berlangsung secara meriah dan hangat di Balai Desa Tontowea Kecamatan Petasia Barat pada Selasa, 28 Juni 2022.


Desa Tontowea sendiri saat ini tengah fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan Program Wajib Tanam 200 Pohon Produktif dengan varian tanaman seperti Sawit, Pala, Jagung serta beberapa jenis tanaman komoditi lainnya. Hal ini tentu saja diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani. 


Selain fokus pada peningkatan kesejahteraan, Desa Tontowea juga tengah fokus pada Program Kesehatan Mandiri Desa. Desa yang telah dihuni oleh beragam suku serta agama ini telah berkomitmen untuk selalu menjaga toleransi, keamanan serta ketertiban desa dimana budaya ini telah berlangsung sejak dahulu, ungkap Salmon Toganti, S.Th selaku Kepala Desa Tontowea. 


Dalam sambutannya, Bupati Delis mengingatkan kepada masyarakat bahwa program desa yang tengah dicanangkan saat ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah (Pemda) dimana masyarakat dapat memanfaatkan dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang diberikan oleh Perbankan dengan bunga yang sangat rendah. Pemda juga akan membantu dalam merealisasikan permohonan yang diajukan oleh masyarakat dalam permintaan dana KUR dari Perbankan tersebut. Selain dana KUR, Pemda juga sudah menyiapkan bantuan modal usaha sebesar 300 Juta Rupiah per Desa untuk UMKM yang ada di desa-desa di Kabupaten Morowali Utara. 


Bupati juga ingatkan bahwa ada beberapa titik infrastruktur jalan di Kabupaten Morowali Utara yang akan dibangun serta saat ini tengah menunggu proses realisasi, terutama pada beberapa ruas jalan Nasional dimana pembangunanya ditangani langsung oleh Dinas PU Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk infrastruktur jalan di ruas jalan Desa Tiu-Tontowea rencananya tahun ini akan segera direalisasikan. Oleh karena itu Bupati mengajak masyarakat serta perangkat Desa untuk bersama-sama mengawasi proses pembangunan jalan tersebut. 


"Selamat Ulang Tahun Ke-104 Desa Tontowea. Terima kasih kepada Kepala Desa dan segenap perangkat Desa yang telah bergerak cepat dalam merealisasikan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan Masyarakat. Terima kasih juga kepada masyarakat yang telah menyambut kami secara adat dengan sangat meriah. Kami berharap program yang telah dicanangkan dapat direalisasikan dengan baik. Jaga selalu kemanan dan susana kondusif agar para calon investor diluar sana merasa yakin terhadap daerah yang kita cintai ini. Kita doakan bersama semoga Desa ini menjadi desa yang maju, masyarakatnya akan menjadi masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera", pungkasnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis berbagai jenis tanaman komoditi dan berbagai jenis obat-obatan kepada masyarakat Desa Tontowea serta penandatanganan "Komitmen Bersama Lintas Sektor untuk mendukung Pencanangan Wajib Tanam 200 Pohon Produktif dan Kesehatan Mandiri Desa". Di akhir kegiatan Bupati menyempatkan diri untuk memantau sekaligus membeli hasil UMKM masyarakat Desa Tontowea seperti kerajinan tangan maupun berbagai jenis makanan.




Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar