Ads

Rabu, 29 Juni 2022, Juni 29, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-29T09:49:45Z
Bupati Morowali Utarakabupaten Morowali UtaraSulawesi Tengah

Investor Diharapkan Ramah Pada Masyarakat Dan Lingkungan


JOURNALTELEGRAF - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Morowali Utara menggelar sosialisasi mengenai percepatan realisasi retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) – dulu disebut Izin Mendirikan Bangunan (IMB) – dan fasilitas pendaftaran permohonan PBG melalui system informasi mendirikan bangunan gedung (SIMBG) di Ruang Pola Kantor Bupati Morut di Kolonodale, Rabu (28/6).


Sosialisasi ini diikuti para pejabat dari berbagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), para camat dan para pemimpin atau perwakilan manajemen dari berbagai perusahaan di daerah ini.


Bupati Morut Delis J. Hehi saat memberikan sambutan pembukaan sosialisasi mengatakan bahwa Morowali Utara merupakan salah satu daerah tujuan investasi yang menarik dan bertumbuh pesat dewasa ini.


Ia berharap investasi di daerah ini tidak saja mensejahterakan masyarakat tetapi juga memberi kontribusi langsung pada pembangunan daerah.  


Menurut Delis, ada dua tujuan utama sosialisasi ini, pertama; agar ada kelancaran aktivitas di lapangan karena natinya akan ada pendataan dan penertiban bangunan-bangunan yang kini bertambah signifikan akibat dampak langsung dari hadirnya investasi.


“Saya lihat pendirian bangunan yang sangat pesat sebagai dampak langsung kehadiran investari tidak akan terhindarkan tetapi kita tidak menginginkan kesemrawutan atau ketidakberaturan sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap lngkungan, terutama di Kecamatan Petasia, Petasia Timur dan Petasia Barat (Petasia Bersaudara),” ujarnya.


Pendataan dan penertiban ini perlu disosialisasikan kepada seluruh kepala desa agar rencana tata ruang desa terutama di lingkar tambang dan industri tertata dengan baik dan sesuai tata ruang. 


Kedua, lewat sosialisasi ini, kita ingin memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor PBG. Karena harapan kita, kehadiran investasi akan memberikan dampak langsung kepada PAD dan kesejahteraan masyarakat. 


“Pemda akan sangat ramah kepada investasi tetapi juga investor harus ramah terhadap masyarakat dan lingkungan. Investor bisa mendapatkan keuntungan dari usahanya tetapi  masyarakat juga harus dijamin bisa memperoleh manfaat dari investasi.” ujar Delis lagi.



Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar