Ads

Selasa, 07 Juni 2022, Juni 07, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-07T02:15:02Z
kabupaten Morowali Utara

Bupati Delis: Pemkab Morut Punya Komitmen Besar Kembangkan UMKM

 

JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi menegaskan bahwa pemerintah daerah yang dipimpinnya bersama Wabup H. Djira memiliki komitmen besar dalam pengembangan UMKM.


Karena pengembangan UMKM berkorelasi erat dan langsung dengan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah.


Begitu kata Bupati Delis saat memberikan arahan di depan puluhan peserta Pelatihan Peningkatan SDM Pelaku Usaha yang digelar Dinas UMKM, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Morowali di Kolonodale, Senin.


Menurut dia, sebagai bentuk komitmen kepada UMKM, pemda menyediakan pelatihan bagi pelaku usaha dan juga dana bantuan lewat Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan.


Selain itu, mulai 2022 ini, pemda akan mengucurkan dana stimulus Rp300 juta tiap desa yang bertujuan untuk merangsang tumbuhan usaha kecil di setiap desa.


Karena itu Delis memberikan apresiasi atas pelatihan seperti ini sebab setiap usaha, baik usaha kecil, menengah dan besar, modal utamanya adalah sumber daya manusia, bukan uang atau sarana prasarana lain-lain. 


"Seberapa banyak pun uang kalau SDM tak terlatih, maka usaha tidak akan sukses," ujar Delis yang berpendidikan dokter dan managemen rumah sakit hingga tingkat doktoral itu.


Delis yang mengaku pernah berbisnis dengan omset miliaran rupiah itu memberikan tips kepada para peserta pelatihan agar sukses dalam mengembangkan usaha yakni harus memiliki mindset (pola pikir) pengusaha, mental pengusaha dan keterampilan berusaha.


Mindset pengusaha adalah dalam berusaha, selalu melihat peluang bukan kendala, bukan susahnya. Artinya sebuah kesulitan atau masalah bagi orang lain, adalah peluang bagi seorang pengusaha. Prinsipnya apa yang jadi masalah bagi orang lain, itu peluang bagi pengusaha.


Sedangkan mentalitas pengusaha yakni seseorang yang mau terjun di bidang usaha haruslah pantang menyerah sebab tidak ada usaha yang langsung mulus. 


Kemudian katanya, orang yang akan berusaha harus memiliki keterampilan dalam berbagai hal seperti keterampilan membangun jejaring, memasarkan produk, serta mengelola (manajemen) usaha dan keuangan


Karena itu Delis meminta semua peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan baik yang diiringi niat besar untuk menekuni usaha yang akan digeluti. 




Reporter : Artomo lagaronda

Editor : Legitha Aswardy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar