Ads

Sabtu, 04 Juni 2022, Juni 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-04T09:30:37Z
Sangihe

Bertemu Dirjen Kemenkes, dr. Rinny Bahas ini


Bupati Kepl. Sangihe dr. Rinny Tamuntuan saat bertemu dengan Direktur jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS di Gedung Kemenkes RI di Jakarta. Sabtu (4/6/2022).



JOURNALTELEGRAF- Upaya Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan untuk membangun rumah sakit baru nampaknya tak main main.


Dalam pertemuannya dengan Direktur jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS di Gedung Kemenkes RI di Jakarta. Sabtu (4/6/2022), Rinny menyampaikan tentang keberadaan kondisi masyarakat Sangihe yang masih memerlukan sentuhan dari pemerintah pusat terkait penambahan infrastruktur serta sarana prasarana kesehatan.


"Saat ini Sangihe sudah memiliki Rumah Sakit Pratama di wilayah Tabukan Utara, namun untuk Daerah Wilayah Selatan perlu juga mendapat fasilitas yang sama yakni pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Manganitu Selatan," beber Rinny.


Harapnya kerinduan ini dapat terwujud, sehingga, masyarakat yang ada di Wilayah Selatan dapat terbantu untuk penanganan pasien yang harus dirawat inap dan perlu mendapatkan penanganan cepat.


"Kami selaku pimpinan daerah akan berupaya penuh untuk memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Sangihe, amat terlebih di bidang kesehatan, sebagai salah satu layanan dasar yang perlu diperhatikan oleh perintah," ucapnya.


Disamping itu, kata dia, perlu adanya penguatan peran puskesmas di masing-masing kecamatan.


"Dan untuk mencapai inipun Kabupaten Kepulauan Sangihe juga membutuhkan penambahan dan peningkatan tenaga kesehatan," pungkas dia.


Sementara, direktur jenderal P2P mengatakan bahwa memang Pemerintah Pusat menyediakan DAK untuk penguatan Puskesmas, salah satunya untuk pengadaan peralatan laboratorium Puskesmas.


"Semua permohonan silahkan dimasukkan melalui aplikasi Krisna dan kami akan follow up permintaan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujar Rondonuwu.

"Rondonuwu juga mengatakan, untuk peningkatan Nakes Berprestasi Pemerintah Pusat juga siap membantu untuk memberikan beasiswa," tutup Rondonuwu.




Reporter : Dendy Abram
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar