Ads

Jumat, 20 Mei 2022, Mei 20, 2022 WIB
Last Updated 2022-05-20T03:54:01Z
PEMERINTAHANpertanian

Hengky Honandar : Petani Milenial Harus Jadi Ujung Tombak Kebangkitan Sektor Pertanian Kota Bitung



Foto : Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar saat memberikan arahan dan sambutan pada kegiatan workshop P4S (ist)




JOURNALTELEGRAF - Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar membuka kegiatan Workshop Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di Kota Bitung, Kamis (19/05/2022) bertempt di Kelurahan Sagerat Weru Dua, Kecamatan Matuari.




Pada kesempatan tersebut, Hengky menyampaikan bahwa pemerintah Kota Bitung menyambut baik terlaksannya agenda tersebut.




"Saya mengapresiasi setinggi tingginya kepada forum P4S sebagai mitra strategis pemeriintah di bidang pertanian yang memiliki peean penting dalam hal penyampaian informasi percepqran inovasi inovasi pertanian serta menjadi pendamping berbagai program pemerintah di lapangan," jelasnya.




Hengky juga berharap kiranya forum ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunukasi. informasi supaya dapat terjalin kemitraan pembangunan pertanian di Bumi Nyiur Melambai.




"Dalam pembangunan sektor pertanian di Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Bitung ada tiga hal yang menjadi tantangan yang sering kita hadapi. Pertama regenerasi petani dari petani berusia tua ke petani milenial, mereka ini yang harus terus kita arahkan untuk lebih berperan, terlebih dengan perubahan dan perkembangan teknologi dibutuhkan penduduk usia muda yang lebih bisa mengadopsi berbagai inovasi, sehingga terjadi percepatan pembangunan pertanian, yang selanjutnya kekurangan sarana prasarana dan teknologi pertanian yang diserap dan ketiga adalah permasalahan tentang ketersedian air dan jaringan irigasi," jelasnya.




Pemerintah Kota Bitung menurut Hengky berharap melalui mimbar workshop kali ini dapat mengasilkan rumusan saran rekomendasi yang bisa disinergikan, dikolaborasikan dan ditindaklanjuti oleb Perangkat terkait.




"Dari workshop ini kita berharap aka. ada kolaborasi dan rekomendasi tindaklanjut hasil yang bisa memperkuat sektor pertanian kota kita," pungkasnya.




Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakipan Balai Pertanian Batang Kaluku Gowa, Sulawesi Selatan, Hari Ismanto, Ketua FK P4S Sulut, Yani Lasut, Kadis Ketahanan Pamgan dan Pertanian, Steven Prok, Ketua Komunitas Eksportir Milenial Sulut, Alan Harvey Palar, Camat Matuari, Amelia Ngantung, Ketua P4S Komunitas Pejuang Bitung, Yulius Kowaas.





Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar