Ads

Jumat, 22 April 2022, April 22, 2022 WIB
Last Updated 2022-04-22T14:49:56Z
EKONOMI & BISNIS

Maurits Mantiri Bersama Wakil Menteri Perdagangan RI Resmikan Setra Produksi IKM/UKM Bitung dan Kick Of Duta Produk Lokal Ekspor


Foto : Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri bersama Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga meresmikan sentra produksi IKM/UKM Sagerat Kota Bitung (ist)




JOURNALTELEGRAF - Wali Kota Bitung, Maurits Mantiru menerima kunjungan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, Jumat (22/04/2022).




Kunjungan Wakil Menteri Perdagangan ini dalam rangka peresmian Rumah Produksi Sentra IKM Kota Bitung sekaligus launching Kick Off Duta IKM/UKM Go Local Product Export.



Foto : Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri bersama Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga berphose bersama pelaku IKM/UKM Kota Bitung (ist)


Dalam sambutannya, Jerry Sambuaga menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Bitung bersama jajaean yang dapat melaksanakan launching produk IKM/UKM usai kunjungan dirinya sebelumnya.




"Setelah berbicara banyak dengan pak wali mengenai produk produk IKM/UKM Kota Bitung oada kunjungan saya sebelumnya, kami merasa senang dan bangga Kota Bitunt memiliki produk lokal buatan IKM/UKM yang mampu menembus pasar ekspor," jelasnya



Foto : Peresmian sekaligus launching dan Kick off Duta Ekspor produk lokal di Sentra IKM/UKM Kota Bitung (ist)


Jerry Sambuaga juga menjelaskan bahwa data dari BPS, kinerja ekspor Indonesia secaea keseluruhan dari bulan desember tahun 2021 secara nasional adalah 230 miliar USD.




"Nilai ini adalah yang tertinggi sejak 15 tahun terakhir dan neraca perdagangan kita itu mencapai 35,34 miliar USD tertinggi semenjak tahun 2011. UMKM sangat berkontribusi untuk PDBR sudah lebih daru 7p persen dan ini sangat membantu masyarakat," jelasnya.





Lanjutnya, ekspor Indonesia tahun 2022 juga sangat lah baik, kontribusi dari setiap daeeah termasuk Kota Bitung juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja ekspor secara nasional dan pengembangan berpusat di IKM/UKM.




"Kawan kawan IKM/UKM di Kota Bitung jangan sunkan sunkan untuk meminta bantuan kepada Kementerian Perdagangan. Kami selalu berupaya memastikan agar supay perkembangan ini terus menerus berkelanjutan," ujarnya.




Di tempat yang sama, Wali Kota Bitjng mengatakan bahwa Kota Bitung telah memiliki 3 produk yang dihasilkan IKM/UKM menembus pasar Amerika Serikat.




"Tinggal kami menunggu bagaimana terobosan terbaru dadi pak Wakil Menteri Perdagangab untuk bersama sama dengan kami mengembangkan produk yang siap ekspor, produk UMKM inilah yang kita anggap sebagai pahlawan Kota Bitung yang berani mengambil kesempatan dan berupaya agar produk produk IKM/UKM Kota Bitung bisa masuk pasar global ssbagaimana juga harapan dari bapak presiden," jelas Maurits.




Tentu banyak hal yang harus menjadi perhatian bersama, lanjut Maurits. Karena menembus pasar ekspor tidak mudah.



"Ini akan menjadi target kita untuk meningkatkan kualitas produk lokal dengan berbagai cara yang tentunya pihak Kemendag punya cara cara itu," jelasnya.





Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar