Ads

Jumat, 08 April 2022, April 08, 2022 WIB
Last Updated 2022-04-08T14:06:50Z
HmiTolitoliJoko Widodokabupaten tolitoliPresiden Indonesia

Dinilai Tak Pro Rakyat, HMI Cabang Tolitoli Akan Gelar Aksi Tuntut Presiden

Foto : massa aksi mahasiswa di kabupaten Tolitoli


JOURNALTELEGRAF - Senin, 11 April 2022 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi akan menggelar aksi unjuk rasa di Istana Negara, Jakarta. Rencananya ribuan mahasiswa yang akan dikoordinir oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menuntut sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal wacana penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden tiga periode.


Tidak hanya di Jakarta, Di Kabupaten Tolitoli juga akan dilaksanakan aksi serupa guna menolak secara serentak karena hal tersebut dinilai tak inkonstitusional dan meresahkan masyarakat.


Dalam aksi serentak itu, HMI Cabang Tolitoli  juga mengajak Organisasi Kepemudaan (OKP), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-kabupaten Tolitoli, Dan masyarakat pada umumnya dengan mengusung 2 tuntutan awal pada pemerintah, yakni menolak kenaikan BBM, serta wacana presiden tiga periode.


Ketua Umum HMI Cabang Tolitoli, Ardan melayangkan surat kepada Ormas, OKP, BEM, dan Masyarakat guna melaksanakan konsolidasi awal persiapan aksi tanggal 11 April 2022.


“sehubungan akan diadakannya konsolidasi terkait aksi penolakan wacana perpanjangan masa jabatan Presiden 3 periode dan kenaikan harga BBM maka dari kami mengundang bapak/ibu/Saudara(i) untuk hadir, pada hari Sabtu 9 April 2022 pukul 20.45 WITA, Bertempat di Sekretariat HMI Cabang Tolitoli," isi surat edaran oleh HMI Cabang Tolitoli yang di tandatangani Ketua Umum, Ardan. pada Jum'at (08/04/2022).

Foto : Surat Undangan Konsolidasi


Ardan kepada media ini mengatakan, sejak 1 April pemerintah telah menetapkan kenaikan harga BBM. kebijakan itu sangat melukai hati masyarakat. Kebijakan yang tak pro rakyat telah berimbas pada naiknya harga-harga belanjaan. 


" Masalah ini berangkat dari keresahan masyarakat terkait kenaikan harga BBM dan naiknya harga sembako di tengah keterpurukan ekonomi masyarakat dan dinilai kebijakan-kebijakan presiden hari ini yang tidak pro terhadap masyarakat indonesia," tegas Ardan kepada awak media journaltelegraf.com 

Foto : Ketua Umum HMI Cabang Tolitoli, Ardan (Doc.Ist)


Pihak HMI ‎juga menolak wacana tiga periode jabatan presiden, karena tidak sesuai dengan konstitusi dan ketentuan negara, jabatan presiden maksimal dua periode.


" Kami juga menolak wacana jabatan presiden 3 periode, HMI berharap seluruh mahasiswa dan lapisan masyarakat Tolitoli ikut andil dan bersama sama dalam aksi nanti," tandas Ketua Umum HMI Cabang Tolitoli.


Bersamaan dengan rencana aksi mahasiswa 11 April 2022, warganet membuat tagar Goodbye Jokowi di Twitter.


Tagar Goodbye Jokowi trending topic di Twitter pada Rabu (6/3/2022) 


“11 April 2022, Jakarta tutup sampai Jokowi turun. Serentak. Mahasiswa dan rakyat bersatu,” tulis salah satu flyer, disertai tagar Goodbye Jokowi, Kamis (7/4/2022).


“Lebaran tak punya baju baru tak apa. Asal kita punya presiden baru,” tulis famplet tersebut dengan siluet wajah Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin.


Editor/Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar