Minahasa

Digelar Selama 4 Hari, Rapat Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021 Sajikan 'Hidangan' Menarik

Sabtu, 09 April 2022, 11.15 WIB Last Updated 2022-04-10T02:13:45Z
masukkan script iklan disini
#anggotalegislatif #badaneksekutif
Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe Dalam Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021.


JOURNALTELEGRAF - Rapat Paripurna Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran (TA) 2021 di gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berlangsung selama 4 hari akhirnya selesai digelar.


Rapat pembahasan dimulai sejak hari Selasa,(5/4) dan ditutup pada Jumat,(8/4). Namun dalam proses pelaksanaannya, banyak hal-hal menarik yang terjadi selang waktu empat hari tersebut. 


Anggota Legislatif Pro Aktif dalam Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021.


Hari pertama,Selasa (5/4) memang belum menunjukkan geliat pembahasan sesungguhnya, sebab belum sejam berlangsung; Rapat pembahasan tersebut diputuskan untuk diskorsing karena pimpinan dan anggota legislatif (Aleg) meminta kehadiran penuh dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta para Camat.


Hari kedua, Rabu,(6/4) menjadi momentum awal geliat pembahasan sesungguhnya di gedung wakil rakyat tersebut. Aksi 'banting gelas' pun terjadi, kala dua anggota dewan yang terhormat saling menginterupsi satu sama lain dan memicu emosi ketitikdidih hingga salah satu anggota meluapkan emosinya kepada gelas kaca yang diam dan tanpa dosa itu. Bahkan Josephus Kakondo selaku Ketua dewan, terpaksa harus turun dari meja pimpinan untuk menetralisir suasana. Rapat pada hari itu pun ikut diskorsing sementara waktu.


Tim Pakar, Staf Ahli dan Staf Sekretariat Dewan Dalam Rapat Bersama.


Hari Ketiga, Kamis,(7/4), suasana rapat pembahasan sedikit terasa tenang dan adem ayem. Namun beberapa poin penting tetap diutarakan dari badan legislatif kepada badan eksekutif pemerintah daerah guna untuk mendapat jawaban akan kejelasan dan kepastian dari apa yang ditanyakan. Tetapi rapat hari ketiga itupun sempat diskorsing sebanyak 2 kali karena listrik padam dan mengganggu sound sistem serta alat elektronik pendukung lainnya.


Hari keempat, Jumat,(8/4) merupakan hari terakhir rapat pembahasan, dan dihadiri langsung oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana. Rapat hari terakhir ini tidak menyajikan lagi 'aksi-aksi memukau', karena tinggal mendengar catatan-catatan strategis dari tiap komisi dan dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sangihe, Triputri Tamaka.


Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE.ME menandatangani Berita Acara Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021.


Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana selaku badan eksekutif pemerintah daerah menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan agenda kerja bersama yaitu Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati Sangihe TA 2021.


"Bersyukur dan berterima kasih karena semua dapat berjalan dengan baik," ucap Gaghana.


"Terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD karena sudah menerima LKPJ Bupati tahun anggaran 2021 disertai rekomendasi-rekomendasi penting. Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan menerima masukan dan akan menindaklanjuti rekomendasi tersebut," terangnya.


Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Josephus Kakondo, BAE Menandatangani Berita Acara Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021.


Rapat paripurna pembahasan LKPJ Bupati TA 2021, dibuka dan ditutup secara resmi oleh Ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo. Dia menyebutkan bahwa terkait beberapa catatan strategis tetap harus diperhatikan.


"Beberapa catatan strategis itu tetap menjadi tanggungjawab dari pemerintah daerah, siapapun yang akan nanti akan menggantikan sebagai pimpinan, tetap itu tugas dari pemerintah daerah untuk menindaklanjuti rekomendasinya," jelas Kakondo.


Badan legislatif yang juga bertugas sebagai bagian pengawasan atas setiap kesepakatan yang dituangkan dalam RPJMD dan dokumen perencanaan lainnya. Sehingga Kakondo berharap agar rekomendasi dewan ini hendaknya dapat dijadikan dokumen penting untuk diimplementasikan oleh seluruh instansi lingkup Pemerintah Kabupaten Sangihe, 


"Ini menjadi harapan dewan kiranya ke depan ada perbaikan, ada penyesuaian-penyesuaian signifikan pengembangan dan peningkatan dalam perjalanan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan daerah, dan pelayanan kemasyarakatan sebagaimana yang direkomendasikan," harapnya.


Suasana Pelayanan Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021 di Gedung DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe


Adapun beberapa catatan strategis dari DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe, antara lain :


1. PENYUSUNAN DOKUMEN LKPJ

Penyusunan Dokumen LKPJ yang disampaikan masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki serta menjadi perhatian dalam proses penyusunan RPJMD Tahun 2022.


2. MANAGEMEN APARATUR SIPIL NEGARA

Dalam pengisian jabatan pejabat struktural masih terindikasi belum dilakukan secara terencana sistematis dan profesional sehingga setiap agenda mutasi tidak jarang muncul berbagai keluhan atas ketidakpastian nasib serta karir yang muncul dikalangan kelompok ASN.


3. PENGELOLAAN BARANG MILIK DAERAH

Pemerintah daerah agar serius menuntaskan status aset yang hingga kini status kepemilikannya masih mengambang.


4. INFRASTRUKTUR

Berbagai temuan yang tercantum dalam HP baik DPK maupun inspektorat daerah dalam pelaksanaan pekerjaan fisik antara lain diakibatkan karena lemahnya dukungan atau kelengkapan administrasi pelaksanaan lapangan serta standar standar teknis harga pekerjaan konstruksi yang dijadikan akan menjadi acuan.


5. PEMERINTAHAN UMUM

Pergantian antar waktu kapitalaung (kepala desa) yang mekanisme pengisiannya harus melalui pemilihan kapital yang sesuai ketentuan perundang-undangan belum dilaksanakan.


6. PELAYANAN SOSIAL DASAR KEMASYARAKATAN

DPRD telah menerima pengaduan dari para guru-guru atau seluruh ASN yang bertugas di Pulau perbatasan terpencil bahwa tunjangan daerah terpencil bagi mereka telah dihapuskan dan fakta ini merupakan ironi disaat aparat yang sama namun bertugas di Pulau Sangihe ternyata menerima tunjangan sejenis, sehinnga hal ini perlu diseriusi segera oleh pemerintah daerah perangkat daerah serta dinas terkait.


7. KESEHATAN

Sehubungan dengan endemik beberapa penyakit di masyarakat seperti TBC dan kusta khususnya masyarakat ekonomi menengah ke bawah dengan tingkat pengetahuan yang cukup rendah, sehingga masyarakat pada tingkatan ini enggan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala pada fasilitas kesehatan.


Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati TA 2021 selama 4 hari berjalan dengan baik dan sukses digelar. (ADVERTORIAL)



Reporter/Editor : Dendy Abram 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Bolmut, Sangihe,

+