Ads

Jumat, 11 Maret 2022, Maret 11, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-11T12:36:17Z
sosok

Mengais Rejeki Diusia Senja, Oma Rahma Menempuh Belasan Kilo Untuk Jualan Ikan di Pasar Girian



Foto : Oma Rahma, pedagang ikan di Pasar Girian kota Bitung (Licin)



JOURNALTELEGRAF - Kehidupan yang sulit membawa Oma Rahma yang berusia 74 tahun tetap harus berjuang agar bisa terus bertahan dalam kerasnya kehidupan.



Saban pagi, usai "Batibo" (membeli dan mengumpulkan ikan,Red)  di Pantai Kema, Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara, jika mendapatkan ikan, Oma Rahma akan segera membawanya ke Pasar Girian yang berjarak sekitar 15 kilometer dari tempatnya tinggal dengan menggunakan transportasi ojek.



Hidup yang keras membuat Oma (Nenek) beranak satu ini tidak bisa tinggal diam, karena menurutnya kemiskinan lah yang membuatnya harus tetap melawan dinginnya cuaca subuh agar bisa mendapatkan se-ember atau lebih ikan untuk kembali dijual.



Dia tak tahu lagi sudah berapa lama sejak pertama kali memulai usahanya. Yang diingat Oma Rahma adalah 2014 menjadi awal berjualan ikan di Pasar Girian dan "menempel" di samping pedagang lain dengan sewa Rp15 ribu perhari plus retribusi Rp5000.



"So lama ada bajual ikan kita, dulu sebelum di sini, ada bajual di Manado, kalo di Pasar Girian nanti 2014 sampe sekarang," katanya dengan aksen daerah yang kental ketika berbincang dengan Journaltelgeraf.com, Kamis (10/03/2022).



Reporter/Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar