Ads

Senin, 07 Maret 2022, Maret 07, 2022 WIB
Last Updated 2022-03-07T14:39:58Z
Pariwisata

110 Event Masuk Dalam PEN 2022 yang Resmi Diluncurkan Menparekraf RI, 5 Diantaranya Ada di Sulawesi Utara


Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meluncurkan KEN 2022 (istimewa)




JOURNALTELEGRAF- Program Kharisma Event Nasional (KEN) 2022 resmi diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, Selasa 1 Maret 2022 silam di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta.



Even yang lebih akrab disebut KEN 2022 ini merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf RI dengan pemerintah daerah untuk menyuguhkan event berkualitas kepada wisatawan.



Tujuannya mempromosikan destinasi wisata. meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal serta memberikan dampak positof terhadap perekpnomian, sosial budaya dan lingkungan hidup dengan prinsip berkelanjutan (Sustainable).



"KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event even berkualitas dari seluruh daerah di Indonesia, kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan bary bagi kebangkitan industri event tanah air, sskaligus juga mendukung keinginan Indonesia ssbagai destinasi event," kata Sandiaga seperti dikutip dari Kemenparekraf.go.id, Senin (07/03/2022).



Ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama yaitu aspek ide dan potensi inovasi, kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif, ketiga aspek event management, keempat aspek seni pertunjukan dan budaya, serra kelima aspek strategi komunikasi dan media.



Pada tahun 2022 ini, Kemenparekraf RI menerima 319 usulan event dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.



"Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provjnsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022. Kemenparekraf siap membanth dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event event berkualitas pada saat penyelenggaraan nanti bisa naik kelas," jelas Mas Menteri, sapaan akrab Sandiaga Uno sejak menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.


Di Provinsi Sulawesi Utara sendiri ada 5 event tahunan yang masuk dalam PEN 2022. Yakni, Tomohon International Flower Festival (TIFF), Festival Bunaken, Likupang Tourism Festival dan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) serta Festival Danau Tondano.




Editor : Arham Licin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar