Ads

Minggu, 06 Februari 2022, Februari 06, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-06T12:14:16Z
morut

Bupati Morut tantang BBI desa Korowalelo kecamatan Lembo jadi pusat pembibitan ikan gabus

Foto : Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi, mengunjungi Balai Benih Ikan (BBI) Korowalelo, Kecamatan Lembo (05/02/202)



JOURNALTELEGRAF - Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi, mengunjungi Balai Benih Ikan (BBI) Korowalelo, Kecamatan Lembo, dan menantang BBI satu-satunya di Kabupaten Morowali Utara dan Morowali ini untuk menghasilkan bibit ikan gabus skala besar. Pada Sabtu (5/2/2022)


“Saya minta BBI ini fokus mengembangkan pembibitan ikan gabus karena kita berobsesi untuk menjadi pusat pembibitan ikan gabus di Sulteng bahkan Indonesia. Kalau kalian berhasil, saya akan kasi penghargaan khusus,” ujar Bupati Delis kepada Kepala Dinas Perikanan Yunber Bamba, A.Pi, M.Si dan sejumlah staf BBI Korowalelo.


Menurut Delis, dirinya fokus mengembangkan ikan gabus ini karena merupakan komoditi yang relatif mudah dan murah dibudidayakan, sudah banyak dikenal masyarakat, potensi pasarnya besar, dan kandungan proteinnya tinggi sehingga menjadi komoditi yang cepat dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, khususnya dalam mengatasi kekerdilan (stunting).


Kepala Dinas Perikanan Morut Yunber Bamba mengatakan bahwa BBI Korowalelo yang menghasilkan ribuan benih ikan nila, mujair, mas dan lele tiap bulan itu, kini mulai mengembangkan pembibitan ikan gabus.


“Terdapat enam pasang (jantan-betina) calon induk ikan gabus yang sedang kami pelihara dan disiapkan menjadi indukan berkualitas penghasil anakan ikan gabus,” ujarnya.


Pihaknya juga memelihara ratusan ekor bibit ikan gabus yang diambil langsung dengan jaring dari perairan bebas.


Bupati Delis juga meminta Kadis Perikanan untuk mengusulkan peralatan laboratorium yang terkait langsung dengan kepentingan perbenihan serta mengirim beberapa staf BBI Korowalelo untuk melakukan studi banding ke BBI yang sudah maju di Jawa.


Terkait pengentasan kemiskinan dan stunting, Bupati Delis akan menggelontorkan bantuan permodalan kepada masyarakat yang akan melakukan budidaya perikanan air tawar dengan kolam plastik bundar bertulang besi.


“Masa depan Morut ini adalah sektor pertanian dan perikanan karena sektor ini terbukti tahan terhadap resesi ekonomi, dan dampak pandemic Covid-19 sehingga menjadi sektor yang cepat dan mudah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Delis yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi DJ. Hehi Hongkiriwang.


BBI Korowalelo selama ini menyalurkan puluhan ribu ekor benih ikan berbagai jenis terutama nila, mujair dan mas ke berbagai kabupaten khususnya Morowali dan Morowali Utara. BBI ini memiliki lebih 10 kolam besar dan kecil, namun sebagian besarnya sudah tidak bisa digunakan karena rusak.


“Kesulitan kami saat ini untuk meningkatkan produksi benih di BBI adalah kurangnya kolam pendederan. Sebenarnya banyak sekali permintaan masyarakat, namun belum mampu kami penuhi. Meski demikian, BBI ini sudah menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahun,” ujar Yunber.




Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Legitha Aswardy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar