Ads

Minggu, 16 Januari 2022, Januari 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-16T11:51:18Z
PEMERINTAHAN

Sempat Tertunda, 3 Kades di Morut Segara Dilantik


Foto (istimewa) : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Morowali Utara (Morut) Andi Parenrengi, (


JOURNALTELEGRAF-Meski sempat tertunda, 3 kepala desa hasil pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Morowali Utara (Morut) segera dilantik.


Ketiga desa tersebut, Kepala Desa Malino, Kecamatan Soyojaya, Kepala Desa Uempanapa, Kecamatan Bungku Utara dan Kepala Desa Bintangor Mukti, Kecamatan Lembo Raya.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Morowali Utara (Morut) Andi Parenrengi, menjelaskan tim khusus dari Pemda sudah mengkaji dan mendalami permasalahan di tiga desa itu.


"Minggu depan sudah akan ada keputusan final dari tim khusus yang menangani persoalan Pilkades di tiga desa itu. Dan paling lambat tanggal 27 Januari kades terpilih sudah dilantik," ujar Andi, Jumat (14/1/2022).



Diketahui Pilkades serentak di Morut tahun 2021 dilaksanakan di 17 desa. Namun yang dilantik Bupati pada 29 Desember 2021 hanya 14 kepala desa. Sisanya tiga kades ditunda pelantikannya karena ada keberatan dari sesama peserta Pilkades.


"Permasalahan di tiga desa tersebut berbeda. Tim khusus yang dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan Victor Tamehi sudah mengkaji apakah benar ada yang memenuhi unsur pelanggaran aturan, money politics, atau pelanggaran lainnya," beber Andi.


Kendati demikian, Andi mengatakan, dalam waktu dekat akan diputuskan. "Kalau ada yang terkait hukum, itu bukan ranah kami. Biarlah proses hukum berjalan sendiri," ujar Andi.



Ia menjelaskan jika nantinya terdapat pelanggaran hukum, akan diadakan pemilihan ulang, "Dengan kata lain kades terpilih dibatalkan," katanya.


Lebih jauh Andi mengatakan, proses pembuktian hukum itu biasanya memakan waktu lama, sedangkan pemerintahan di desa harus berjalan, begitupun pelayanan masyarakat tidak boleh terhenti.

"Oleh karena itu, pelantikan ketiga kades itu harus segera dilakukan," tutup Andi.


Reporter: Arthomo Lagaronda
Editor: Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar