Ads

Selasa, 04 Januari 2022, Januari 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-04T16:22:53Z
Sangihe

Rencana Pembangunan Kembali Pasar Trikora, Masyarakat Harapkan Yang Terbaik

#DanaPEN #PemkabSangihe
Kondisi Pasar Trikora Sebelum Pembersihan dan Pembongkaran



JOURNALTELEGRAF - Rencana pembangunan kembali Pasar Trikora Tahuna melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sepertinya akan segera berlangsung. Hal ini terlihat jelas melalui kondisi di lokasi pasar tersebut. Dimana sejak kemarin, Senin,(3/1/2022), para pedagang yang menempati hunian di area pertokoan tersebut mulai melakukan aktivitas pembersihan dan pemindahan barang dagangan mereka. Bahkan hingga sore tadi, Selasa,(4/1/2022) beberapa pedagang yang telah selesai membereskan barang dagangannya, mulai melakukan pembangunan kembali kios atau toko darurat dengan bahan seadanya, yaitu dinding papan dan tripleks di lokasi baru, tepat dijalur parkir kendaraan taksi trayek Tahuna - Petta.


Rencana pembangunan kembali Pasar Trikora ini memang telah disampaikan sejak tahun kemarin oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe kepada para pedagang di pasar tersebut. Berbagai tahapan pra pembangunan juga telah dilakukan oleh Pemkab, antara lain dengan melangsungkan pertemuan bersama para pedagang; hingga akhirnya kini sudah memasuki pada tahapan pembersihan barang dagangan dan pembongkaran di area pasar tersebut.


Terpantau, Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana bersama instansi terkait bahkan sempat menyambangi lokasi pasar tersebut seusai pelaksanaan apel perdana Senin,(1/3) kemarin.


Dengan telah memasuki tahapan yang ada saat ini, beberapa masyarakat yang sempat berbincang dengan awak media ini memberikan tanggapan beragam; namun tetap senada mengharapkan pembangunan pasar yang merupakan pusat perbelanjaan akan berbagai kebutuhan masyarakat serta tempat pertemuan atau kumpul-kumpul ngopi, dapat segera terbangun kembali setelah dilakukan pembongkaran.


"Kebanyakan torang ba belanja baju, seragam anak sekolah, seragam tim olahraga sampe kaeng so di Pasar Trikora ini. Jadi pas dapa tau ini pasar dibongkar dan mo dibangun baru, torang hanya bisa berharap pembangunan pasar ini bisa berjalan baik dan bisa cepat selesai,"tutur salah satu masyarakat dalam dialeg lokal.


"Ini pasar kwa bukan cuma jadi tempat ba belanja pakaian mar torang le biasa ja bakudapa dengan sodara-sodara di tempat makan di sini, mo makan atau minum kopi di kompleks pasar trikora ini beda depe suasana kwa. Yah semoga abis dibongkar ini, boleh cepat dibangun kong jadi lebe bagus," tutur warga lainnya dalam perbincangan bersama awak media JOURNALTELEGRAF.


Diketahui untuk saat ini bahwa rencana pembangunan Pasar Trikora akan dikebut agar selesai sebelum bulan mei atau pertengahan tahun ini. Pasar ini juga rencananya akan dibangun dengan konsep 3 lantai bergaya modern; sebab kondisi pasar tua ini memang terlihat 'kumuh' dan struktur bangunannya pun sudah tampak menua.


Reporter/Editor : Dendy Abram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar