Ads

Rabu, 26 Januari 2022, Januari 26, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-26T10:13:48Z
Pendidikan

Menelusuri Serpihan Sejarah SDN 1 Bitung yang Belum Terungkap






Foto : Foto mantan Kepala sekolah SDN 1 Bitung (insert) Maria Siby, Kepala Sekolah saat ini (Franly)


JOURNALTELEGRAF - Berdiri sejak tahun 1964, SDN 1 Bitung menjadi salah satu sekolah yang memiliki sejarah panjang dalam pengembangan sumber daya manusia di Kota Bitung.



Meski kesulitan menemukan serpihan sejarah sekolah yang berlokasi di Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa ini secara utuh, namun Kepala SDN 1 Bitung, Maria Siby telah memulai dengan mengumpulkan beberapa mantan kepala sekolah yang pernah memimpin sekolah tersebut.



Dan muncul nama Wenny Mangimber yang pernah menjadi kepsek pada rentang tahun 1979 hingga 1985.



"Sebelum pak Wenny almarhum, kami masih sementara menelusurinya, memang agak kesulitan mendapatkan data lama tentang sekolah," kata Maria Siby, Rabu (26/01/2022).



Pasca kepemimpinan Wenny, disusul oleh  Antou, Meity Tengker, Weiltje Unu, Sunasma Singal, Ariansi Lumenga, dan Konny Punuh.


"Setelah ibu Konny itu saya yang lanjutkan sebagai kepsek dan kemudian digantikan lagi oleh ibu Konny lagi sebelum saya masuk kembali sampai sekarang," ujarnya.




Maria juga mengakui bahwa apa yang digagas pemerintah Kota Bitung dibawah kepemimpinan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar untuk tidak melupakan sejarah adalah sebuah terobosan yang akan sangat berarti di masa depan.



"Ini akan menjadi tonggak untuk kedepan bagaimana seluruh rekam sejarah perjalanan sebuah sekolah atau instansi bisa terdata dengan baik, tidak seperti sebelumnya kami bahkan kesulitan mengetahui kapan dan siapa siapa yang pernah jadi pimpinan sekolah dan bahkan mungkin ada yang tidak tahu kapan sebuah sekolah didirikan," jelasnya.



Reporter : Franly Umar
Editor : Arham Licin





Tidak ada komentar:

Posting Komentar