Ads

Sabtu, 15 Januari 2022, Januari 15, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-16T11:50:46Z
Pendidikan

Lagi!!! LPM Penalaran UNM Kembali Menggelar Seminar Hasil





JOURNALTELEGRAF- Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negri Makassar (UNM) kembali menggelar seminar hasil penelitian melalui zoom.


Ketua Humas Penalaran LPM UNM Ruslang Zainuddin mengurai bahwa, penelitian yang diseminarkan merupakan hasil penelitian lembaga bidang sains.


Ruslang lantas menjelaskan, judul penelitian yang diseminar adalah pertumbuhan dan produktivitas jamur tiram putih atau nama latinnya Pleurotus ostreatus pada variasi komposisi media tanam kulit kacang tanah (Arachis hypogea) dan serbuk gergaji.


"Penelitian ini hadir berangkat dari keresahan tim peneliti melihat keberadaan limbah kulit kacang ataupun serbuk gergaji yang ada di Kabupaten Barru," ucap Ruslang, Sabtu (15/1/2022).


Dengan demikian, sambung Ruslang, kulit limbah kacang tanah berpeluang besar untuk dimanfaatkan dalam pembudidayaan tanamanan seperti jamur tiram.


Bukan hanya itu, Ruslang menilai, saat ini kebutuan konsumen dalam produksi jamur tiram semakin meningkat.


"Hal ini tentu memperoleh apresiasi dari berbagai pihak terkait pemanfaatan limbah yang dapat membantu proses budidaya," bebernya.


Sementara itu, Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Penalaran UNM 2021 Marianna Renata ikut menambahkan, jika penelitian yang sudah diseminarkan segera diperbaiki, seperti kekurangan dari masukan-masukan penanggap ahli dan dilanjutkan dengan publikasi ilmiah.



"Semoga penelitian lembaga yang diseminarkan ini bisa berguna di masyarakat dalam memanfaatkan limbah serbuk gergaji dan limbah kulit kacang," harapnya.


"Penelitian ini bisa dipublikasikan secepatnya, agar bisa langsung diimplementasikan oleh masyarakat terkait prosedur pembuatan media tanam yang dirancang oleh tim peneliti LPM Penalaran UNM," pungkasnya.


Reporter: Irma Lestari
Editor : Ewin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar