Ads

Selasa, 09 November 2021, November 09, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-09T04:24:36Z
KESEHATANSangihe

Sinergitas Antar Stakeholder Berjalan Baik, Progres Vaksinasi di Sangihe Meningkat


Bupati Gaghana Ketika Menyapa Masyarakat di Salah Satu Gerai Vaksinasi di Kecamatan Tabukan Utara

JOURNALTELEGRAF - Percepatan penanganan Covid 19 khususnya vaksinasi demi mencapai herd imunity atau kekebalan kelompok terus digenjot oleh pemerintah, mulai dari pusat sampai ke pelosok pedesaan.


Di Kabupaten Kepulauan Sangihe sendiri, progres vaksinasi ini sudah terbilang cukup tinggi. Imo masyarakat sudah tidak seperti awal mula kemunculan vaksin Covid 19 yang diembel-embeli dengan berbagai isu 'menakutkan'. Namun kini semuanya malah berbondong-bondong datang ke gerai vaksinasi yang ada di setiap titik di daerah.


Gerai vaksinasi di Sangihe pun sudah tersebar mulai dari pusat Kota Tahuna sampai ke desa-desa guna memaksimalkan jangkauan pelayanan; hal ini tentu berkat kerjasama dari Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Sangihe, baik dari Pemerintah Kabupaten, TNI-POLRI maupun instansi atau institusi lainnya yang mendukung akan suksesnya program pemerintah ini.


Para tenaga kesehatan atau tim medis yang bertugas melaksanakan vaksinasi pun cukup kewalahan. Terkadang tampang mereka terlihat kusut dan layu karena kelelahan; dan itu tampak jelas terukir pada raut wajah hingga tatapan mata mereka. Namun karena tugas dan tanggungjawab mulia yang mereka emban demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama; rasa lelah itupun seakan pudar dan berlalu dengan sendirinya. Keluarga di rumah yang menanti kepulangan selepas bekerja, menjadi salah satu alasan yang memberi mereka kekuatan dan semangat untuk tetap menjalani tugas dan tanggungjawab.


Meningkatnya vaksinasi dari masyarakat juga tak lain karena ketegasan pemerintah dalam menjaga keamanan dan keselamatan bersama. Dimana telah diturunkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi; yang mau tidak mau sebagai warga negara yang baik wajib memberi diri untuk membantu negara dalam 'perang' melawan Covid 19.


Di Sangihe pun, demi lebih memperkuat peraturan yang diberlakukan di daerah; Pemkab Sangihe langsung membuat runutan berdasarkan Perpres nomor 14 tahun 2021, dengan mengeluarkan Surat Edaran Bupati Nomor 250/28/2952, yang di dalamnya mengikat beberapa point penting termasuk mewajibkan setiap pengguna kapal laut harus memiliki kartu vaksin atau telah divaksinasi.


Selain itu, koordinasi antar stakeholder yang ada terus ditingkatkan demi mencapai hasil maksimal. Pertemuan demi pertemuan terus dilakukan oleh pemerintah kabupaten bersama pemerintah kecamatan, kelurahan/desa hingga para tokoh agama dan tokoh masyarakat turut menjadi bagian dalam mencari solusi bersama.


Terbukti, hal inipun cukup efektif, dimana sebagian masyarakat yang memiliki aktivitas sering bepergian menggunakan transportasi laut atau kapal laut ke luar daerah; telah memberi diri untuk divaksin atau mengikuti vaksinasi. Sehingga secara tidak langsung, telah ikut berpartisipasi dalam mencapai 'herd imunity' atau kekebalan kelompok demi keamanan dan keselamatan bersama. Terlebih juga turut menjadi bagian dalam menjaga dan melindungi negara memerangi pandemi Covid-19.


Berdasarkan pantauan lapangan, percepatan penanganan Covid 19 di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dilakukan secara terarah dan terukur. Sebab dalam pelaksanaannya, tidak serta merta hanya menjadi tugas para tim medis semata. Namun pimpinan daerah yang tergabung dalam Forkopimda Sangihe selalu turun memantau perkembangan atau progres vaksinasi hingga ke pelosok pedesaan.


Pada Senin, (8/11/2021), Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana kembali turun langsung memantau perkembangan vaksinasi di wilayah Kecamatan Tabukan Utara. Kecamatan yang mengakomodir 24 desa di dalamnya.


Dalam kesempatan itu, Bupati Gaghana tetap memberikan semangat kepada para tim medis yang bertugas. Kepada pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah kabupaten dalam mendorong masyarakat memberi diri untuk divaksin demi tercapainya herd imunity atau kekebalan kelompok.


Bupati Gaghana juga mengapresiasi semangat masyarakat yang mau memberi diri untuk divaksin. Dirinya pun terus menyemangati, menyapa dan memberikan penguatan kepada masyarakat yang sedang antri mengikuti vaksinasi guna mengurangi kekuatiran yang mungkin masih terngiang-ngiang di kepala mereka.


Bahkan disetiap kesempatan ketika turun langsung dan menyapa masyarakat, Bupati Gaghana selalu menyampaikan bahwa sedianya apa yang dilakukan oleh pemerintah itu adalah demi kepentingan masyarakat.


"Vaksinasi ini dilakukan demi kesehatan dan menjaga imun kita kebal terhadap Covid 19. Kita sangatlah bersyukur dan mengapresiasi, karena hingga saat ini kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi. Kita juga berharap, kedepaannya vaksinasi sudah dapat menyentuh kepada seluruh warga Kabupaten Sangihe," tutur Bupati Gaghana, yang kebaikannnya terus melekat dan selalu mendapat tempat di hati masyarakat Sangihe.


Reporter : Dendy Abram


Tidak ada komentar:

Posting Komentar