Ads

Jumat, 26 November 2021, November 26, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-26T09:05:42Z
Morowali utaraPEMERINTAHAN

Bupati Morowali Utara Hadiri Jambore Kader PKK Tingkat Kabupaten

#delis djulkarson #bupatimorut #morut #morowaliutara

Foto : Bupati Morut hadiri kegiatan Jambore Kader PKK kabupaten Morowali Utara (Sumber : istimewa)



MOROWALI UTARA, JOURNALTELEGRAF - Jambore PKK se Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah yang diikuti semua PKK dari sepuluh kecamatan berlangsung meriah dan sukses.


Dalam apel dan defile yang berlangsung di pelataran kantor bupati, Kamis (25/11/2021) Sore hingga malam, berbagai kreativitas ditampilkan ibu-ibu PKK dengan keanekaragaman kecamatan yang diwakilinya.


Bupati Morowali Utara (Morut), Delis Julkarson Hehi dan Ketua TP PKK Ny Febriyanthi H. DJ Hehi bersama para undangan di tribun upacara tak henti-hentinya memberi applaus atas penampilan ibu-ibu tersebut.


Selain mempertontonkan gerak dan tari serta yel-yel saat defile, beberapa kontingen kecamatan menyerahkan hasil karya mereka baik dalam bentuk makanan ringan maupun kerajinan yang dibina PKK kecamatan.


Dalam sambutannya saat membuka Jambore Kader PKK tersebut, Bupati Delis menyatakan sangat berbangga melihat semangat, kreativitas dan dedikasi para ibu-ibu.


"Melihat semangat ibu-ibu PKK saat ini,  saya punya optimisme dan keyakinan Morowali Utara akan menjadi kabupaten yang maju dibandingkan kabupaten lain di provinsi Sulawesi Tengah," tegasnya.


Delis juga merasa terharu karena kegiatan PKK ini dilakukan secara gotong-royong dan keikhlasan. Bahkan ibu-ibu PKK dari pedalaman dilaporkan banyak yang datang dengan ongkos sendiri.


"Saya seringkali bilang sama ibu ketua tim penggerak PKK, lama-lama pengurus PKK Kabupaten nanti mundur semua. Kenapa? Soalnya setiap ada kegiatan mereka bergotong-royong, mengumpulkan sumbangan karena tidak ada anggaran," katanya disambut tepuk tangan.


Menurutnya, semangat kerja gotong royong pengurus dan kader PKK menjadi contoh yang patut diapresiasi. Ini pengobatan yang luar biasa nilainya bagi daerah ini.


Delis menambahkan membangun daerah ini tidak cukup dengan pemerintah daerah sendiri. membangun daerah ini tidak cukup hanya satu golongan saja.


Supaya berhasil maka seluruh komponen harus bersatu padu bergandengan tangan bersama-sama bekerja sesuai dengan bidang masing-masing untuk bersama-sama membangun Morut tercinta.


"Ibu-ibu PKK sudah memperlihatkan kerjasama dan jiwa gotong-royong ini, saya bangga," katanya 


Bupati selanjutnya mengungkapkan, mulai tahun depan pihaknya akan luncurkan program yang namanya gempar (gerakan memanfaatkan pekarangan) dengan motor penggerak ibu-ibu PKK.


Program ini dimaksudkan selain bisa menambah asri pekarangan, juga bisa menambah pendapatan keluarga sesuai dengan tujuan gerakan PKK.


Sebelumnya, Ketua TP PKK Morut Ny Febriyanthi H DJ Hehi mengemukakan, Jambore Kader PKK ini dimaksudkan sebagai upaya pencarian minat dan bakat, menggali kreativitas, sekaligus bersilaturahmi sesama kader PKK.


Ia menegaskan, ibu-ibu PKK dari kabupaten hingga di desa terpencil menjadi ujung tombak penyampai pesan motivasi fasilitator 10 program PKK dengan lkhlas tanpa pamrih.


"Bahkan pada kegiatan jambore ini mereka datang dari seluruh pelosok Morowali Utara dengan semangat merajut silaturahmi, menggalang persatuan dan merapatkan barisan, dengan satu tujuan sukseskan Morowali Utara yang sehat, cerdas dan sejahtera," tegasnya.


Ditambahkan, pada pelaksanaan rapat konsultasi PKK se Kabupaten Morut yang berlangsung dua hari juga telah melahirkan rekomendasi program kerja dan menandatangani nota kesepakatan kemitraan dengan 8 OPD yang siap menjadi Mitra PKK.


Dalam jambore ini juga dilaksanakan kegiatan kemitraan dengan Dinas Perikanan yaitu lomba cipta menu berbasis ikan sebagai salah satu strategi pemenuhan gizi keluarga yang erat kaitannya dengan peran PKK.


Reporter : Arthomo Lagaronda

Editor : Arhamdila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar