Ads

Sabtu, 09 Oktober 2021, Oktober 09, 2021 WIB
Last Updated 2021-10-09T14:15:59Z
kabupaten tolitoliSulawesi Tengah

Kerja Bakti Bersama, Gotong Royong Peduli Lingkungan Terus Digalakkan




JOURNALTELEGRAF - Komitmen dan langkah Pemerintah Desa Sandana dalam menggugah masyarakat untuk bergotong royong dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar terus di lakukan. 


Hal itu dilaksanakan Pemerintah Desa Sandana Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli yang berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tolitoli, Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM) dan Mahasiswa Fisip Universitas Madako Tolitoli mengadakan kerja bakti massal di seputaran jalan trans Sulawesi dan pasar setempat. Pada Sabtu (09/10/2021).


Selaku Kepala desa (Kades) Sandana Zainudin mengatakan, kerja bakti atau gotong royong ini akan rutin dilakukannya dalam setiap akhir pekan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, terlebih mendukung program pemerintah menuju kota Adipura.


“saya selaku pemerintah mengarahkan masyarakat untuk menjadikan desa sandana sebagai desa yang bersih,” ujar kades kepada Journaltelegraf.com, Sabtu (09/110/2021).



Selain itu, Sarkodes sapaan akrab Zainuddin mengatakan kerja bakti ini juga membersihkan saluran air atau drainase yang ada di sepanjang jalan dan pasar.


Pihaknya mengungkapkan bahwa selain memupuk rasa kebersamaan antar seluruh elemen masyarakat, dalam kegiatan kerja bakti dan menekankan sikap gotong royong peduli lingkungan.


“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh unsur masyarakat yang telah hadir berpartisipasi ikut dalam kegiatan kerja bakti bersama ini. Semoga kegiatan ini tidak hanya kegiatan temporer saja, melainkan kita semua menyadari betul gotong royong peduli lingkungan ini harus bisa terus digalakan untuk meminimalisir resiko-resiko bencana,” terangnya.

Menurutnya, kerja bakti ini bisa dijadikan intropeksi bersama dan memberikan semangat masyarakat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta pada lingkungan sekitar. 


Sejatinya lanjut dia, menjaga kebersihan lingkungan tentu memerlukan peran penting dan dukungan masyarakat, contoh terkecilnya ucap dia, yakni dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, memilah sampah yang bisa menampung air, sekaligus bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal.


“Wujudkan desa sandana selalu bersih, sehat, aman dan nyaman, seluruh kelompok masyarakat dapat ikut bersama-sama membiasakan diri dalan pola hidup bersih dan sehat, insyaallah kegiatan seperti ini akan terus di galakkan” harapnya.

Sementara itu, Dirut Bank Sampah Tolitoli Mandiri Wiyatmoko Mengungkapkan, konsistensinya dalam mendukung upaya pemerintah desa dalam hal kebersihan lingkungan.


“ support kami luar biasa, ini adalah salah satu panggilan jiwa untuk bisa membantu pada seluruh masyarakat desa sandana thank juga untuk mahasiswa Umada, Bugi dan beberapa masyarakat yang lain,” ungkap dia.

Di singgung soal penanganan keberhasilan di desa lain, Wiyat sapaan akrabnya mengatakan hal ini lebih dari animo masyarakat serta pemerintah desa dan ini akan bergulir ke desa-desa yang lain.


“ insyaallah akan ada pertemuan nantinya dengan kepala-kepala desa di sepuluh kecamatan untuk membahas tentang kebersihan dan penanganan sampah secara berkelanjutan di desa masing-masing,” terang dia.

Tambahannya lagi, Bank sampah tolitoli mandiri akan tetap konsen mendukung visi misi pemerintah daerah menuju kota Adipura.


“ konsen 100 % untuk mewujudkan kota kita yang bersih dan mendukung program bupati,” tutupnya.




Editor|Reporter Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar