Ads

Minggu, 26 September 2021, September 26, 2021 WIB
Last Updated 2021-09-26T06:53:50Z
BITUNGSulut

Wali Kota Bitung Resmikan Kelurahan Percontohan Tertib Lalu Lintas

 


JOURNALTELEGRAF-Maurits Mantiri Wali Kota Bitung meresmikan dua kelurahan percontohan tertib lalu lintas dari 69 Kelurahan yang ada di Kota Cakalang  Sulawesi Utara ini. Dua kelurahan diantaranya Kelurahan Batu Putih Atas dan Kelurahan Batu Putih Bawah, Sabtu (25/05/2021). 




Maurits dalam sambutanya mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Polres Bitung terlebih kepada Satlantas Polres Bitung yang telah menginisiasi terbentuknya Kelurahan Tertib Lalu Lintas tersebut. 



"Terbentuknya Kelurahan Tertib Lalu Lintas adalah jawaban dari keluhan masyarakat sering terjadinya kecelakaan selama ini. Dua kelurahan ini akan menjadi contoh bagi 67 kelurahan di Kota Bitung sebagai Kelurahan Tertib Lalu Lintas. Kedepan semua kelurahan harus seperti ini," ujar Maurits. 



Maurits menilai jika selama ini, laka lantas sering memakan korban terhadap anak-anak khususnsya para pelajar. Ia mengatakan, sudah sepakat dengan Polres Bitung akan melakukan penertiban di sekolah-sekolah terhadap pelajar yang mengendari motor tanpa mengenakan helm. 



"Sudah banyak generasi bangsa kita korban akibat laka lantas. Berkendara tanpa mengenakan helm salah satu yang sering kita jumpai kepada para siswa di sekolah-sekolah. Banyak sekali motor terparkir di sekolah yang dikendarai para siswa. Padahal dari segi umur mereka ini belum memiliki SIM. Ini yang menjadi perhatian kita semua," kata Maurits. 



Selain itu menurutnya, perlu kerja keroyokan dalam hal tertib lalu lintas. Terlebih kata dia, menyadarkan kepada orang tua siswa agar jangan membiarkan anak-anak mengenderai motor sebelum memiliki SIM. 



"Karena yang terjadi saat ini. Siswa-siswa kita bebas mengendarai motor tanpa memiliki SIM dan tidak menggunakan helm. Parahnya lagi, para siswa ini sering kebut-kebutan. Dan ini menjadi perhatian kita bersama," ungkapnya.




Sementara, Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH menyatakan, salah satu yang menjadi tolak ukur bangsa itu disiplin atau tidak bisa dilihat dari segi lalu lintasnya. 



"Ini menjadi modal dasar kita melihat sejauh mana disiplin atau tidaknya masyarakat kita. Kalau masyarakat taat aturan dalam berlalulintas berarti disiplin masyarakat kita bagus," ujarnya. 



Meski begitu ia berharap, Kota Bitung bisa menjadi percontohan bagi daerah lain dalam hal tertib lalu lintas. Bahkan ia sangat setuju melakukan penertiban kepada para pelajar yang masih membawa kendaraan di sekolah-sekolah.




"Saya sangat setuju ada razia di sekolah-sekolah. Karena generasi muda harus kita jaga. Apalagi dalam berekendara. Jangan sampai terjadi laka lantas dan itu menjadi penghalang masa depan mereka. Karena meraka adalah estapet kita kedepan," katanya. 



"Kelurahan Tertib Lalu Lintas tidak hanya behenti pada Kelurahan Batu Putih Bawah dan Atas. Melainkan harus diterapkan disemua wilayah yang ada di Kota Bitung," kata dia.





"Kelurahan Tertib Lalu Lintas ini adalah percontohan pertama. Dan bisa di contoh wilayah lain. Dan tertib lalu lintas bukan hanya sampai disisni. Tapi sampai seterusnya masyarakat harus tertib dan taat aturan saat berkendara," pungkasnya. 


Redpel




Tidak ada komentar:

Posting Komentar