Ads

Minggu, 26 September 2021, September 26, 2021 WIB
Last Updated 2021-09-26T07:29:41Z
Sulsel

UNM Kenalkan Manajemen Usaha pada Pengrajin Gerabah di Takalar





JOURNALTELEGRAF-Tim PKM Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar yang diketuai oleh Dr. Anwar, SE., M.Si., bersama Dr. Inana, S.Pd., M.Pd., Nurjannah S.Pd., M.Pd. sukses menggelar Program Kemitraan Masyrakat (PKM) di Kelurahan Pallantikan Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.



Anwar menjelaskan, pengabdian ini dalam bentuk pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pengrajin gerabah mengenai manajemen usaha agar dapat bersaing.



"Usaha gerabah dapat bersaing ditentukan oleh kemampuan manajemen yang baik dalam aktivitas usaha, seperti pengelolaan keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia," kata Anwar, Sabtu (25/9/2021).



Dari tiga bagian ini kata dia, penting untuk diperhatikan mengingat keterkaitannya satu dengan yang lain. 



Selain itu, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM ini menjelaskan dalam pencatatan keuangan yang baik akan memberikan perencaan produksi yang baik dan berdampak pada penjualan hasil produksi. 



"Sumber daya manusia menjadi aset yang berharga untuk mengendalikan tiga bagian tersebut, sehingga dituntut memiliki kecakapan dan skill yang memadai," ucapnya.



Lebih lanjut, strategi usaha gerabah dalam meningkatkan keuntungan usaha harus melalui perencanaan yang matang dengan menggunakan analisis titik pulang pokok atau disebut BEP. 



"Strategi usaha gerabah dapat maksimal melalui perencanaan usaha yang baik dalam kelayakan usaha. Pengrajin dapat menghitung keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan konsep break event point," paparnya.




Sementara itu Yunus Salah satu peserta yang hadir mengatakan,  pelatihan ini memberikan wawasan baru dalam pengelolaan usaha gerabah untuk meningkatkan keuntungan.



"Kami sangat berterima kasih telah diberikan ilmu dalam mengelola usaha, sehingga nantinya dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam usaha gerabah. Besar harapan kami, ada lagi pelatihan seperti ini untuk memberikan pencerahan agar kami dapat mengelola usaha dengan benar," ungkap Yunus.



Reporter : Irma Lestari

Editor : Ewin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar