Ads


 

Rabu, 08 September 2021, September 08, 2021 WIB
Last Updated 2021-09-08T11:04:08Z
LANAL TolitoliSulawesi Tengah

Lanal Tolitoli, Gelar Bakti Sosial Dan Bakti Kesehatan Jelang HUT TNI AL Ke-76

Foto : (istimewa) Komandan Pangkalan TNI AL Kabupaten Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, S.H.,M(Tr.Hanla) Saat menyampaikan Sambutannya. Rabu (08/09/2021).


JOURNALTELEGRAF - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 TNI AL tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 10 September, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli melaksanakan bakti sosial dan bakti kesehatan kepada masyarakat maritim wilayah Tolitoli bertempat di Dusun Kota Nibangun, Desa Ginunggung, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Pada Rabu 8 September 2021.


Diketahui, yang bertindak selaku MC yakni Ayu Fauziah S.AP yang merupakan alumni Mahasiswi Fisip Universitas Madako Tolitoli dengan membacakan deretan susunan acara diawali dengan pengenalan tarian moduai utusan Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli.



Foto : Ayu Fauzia (MC)

Selanjutnya, Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan yang dipimpin oleh Komandan Lanal Letkol Laut (P) Hariono SH.,M (Tr.Hanla) ini diselenggarakan dengan menindaklanjuti instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa keberadaan Prajurit TNI AL dimanapun harus memiliki manfaat ditengah-tengah masyarakat, salah satunya diwujudkan melalui bakti sosial.



Dalam sambutannya Danlanal Tolitoli mengatakan bahwa Kegiatan bakti sosial yang digelar pada hari ini adalah untuk menyambut HUT TNI Angkatan Laut ke-76 tahun 2021 yang bertemakan “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.



Foto : Letkol Laut (P) Hariono SH, M (Tr.Hanla)

Lebih lanjut Danlanal mengatakan, dengan dilaksanakannya bakti sosial ini TNI AL khususnya Lanal Tolitoli diharapkan kedepan terus mengabdikan diri kepada negara sesuai tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dengan semangat nasionalisme lewat aksi-aksi nyata yang bermanfaat untuk masyarakat maritim.



“Dalam menyambut hari ulang tahun TNI AL ke 76, Lanal Tolitoli melaksanakan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yaitu tiga item kegiatan sekaligus. Pertama, Vaksinasi Massal demi terwujudnya hard imunity dimasa pandemi Covid-19. kedua, khitanan massal, pembagian sembako bagi masyarakat kurang mampu (Lansia) dan yang ketiga penanaman pohon mangrove guna mengantisipasi dampak abrasi pantai yang kerap terjadi di wilayah ini” ujar Danlanal Tolitoli.



Foto : Vaksinasi Massal 


Menurutnya, pengobatan dan vaksinasi untuk masyarakat pesisir dan nelayan ini merupakan salah satu upaya pemerintah melalui TNI AL Tolitoli, guna melindungi warga semua dengan memberikan, mendukung serta memfasilitasi vaksin kepada masyarakat di seluruh kawasan nusantara sehingga kekebalan kelompok dapat meningkat dan memutus mata rantai Pandemi Covid-19.



“Kita semua tidak boleh bosan mengingatkan dan menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Melaksanakan Vaksinasi,”.terangnya.



Foto : Prosesi Khitanan massal 

Lanjutnya lagi, Kurang lebih seribu pohon mangrove yang akan di tanam adalah upaya mengurangi sedimentasi bibir pantai yang tiap tahunnya merusak pemukiman warga.



“semoga dengan penanaman mangrove ini, Abrasi bisa teratasi. Karna tiap tahunnya merusak pemukiman warga,” ungkapnya.



Foto : Penanaman Mangrove oleh Danlanal Tolitoli bersama Wakil Bupati Tolitoli


Sementara itu, Bupati kabupaten Tolitoli dalam hal ini diwakili wakil bupati Moh. Besar Bantilan menuturkan, atas nama pemerintah daerah mengapresiasi langkah dan upaya yang lakukan TNI AL Tolitoli dan Pecinta lingkungan yang terus menjaga wilayah pesisir pantai.



“Memang kalau kita melihat posisi abrasi di wilayah ini sangat memprihatikan, makanya saya sangat mengapresiasi Mudah-mudahan dengan penanaman mangrove ini alam kita bisa lestari dan warga bisa aman,” tuturnya.



Foto : Wakil Bupati Tolitoli, Moh. Besar Bantilan

Sementara itu, Kepala Desa Ginunggung Anwar Lihawa dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kegiatan baksos dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-76. 



“Kepada Danlanal Tolitoli kami bersyukur dan berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada TNI AL khususnya Lanal Tolitoli atas pelaksanaan bakti sosial di Desa Ginunggung ini sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat harapannya semoga bantuan sosial ini bermanfaat di masa pandemi Covid-19, JALESVEVA JAYA MAHE,” tutup Anwar Lihawa.



Foto :  Kepala Desa Ginunggung, Anwar Lihawa 

Turut hadir juga, Dandim 1305/BT Kab. Tolitoli, Letkol Inf Farid Yudis Purwanto, Kapolres Tolitoli, AKBP. Budhi Batara Pratidina S.IK, Ka Bandara Sultan Bantilan Kab. Tolitoli, Asri Alie, S. Sos, M.E, Ka Pertamina Kab. Tolitoli, Firdaus, Kalapas II B Kab. Tolitoli, Makmur, S.H, GM Pelindo 4 Tolitoli, Benny, ST, Kacab Pelni Kab. Tolitoli, Heri Setiabudi, S.Sos., Anggota DPRD Tolitoli, Muhammad Nurmansyah Bantilan.S.Ikom.MPWP, Petugas Keselamatan, Penjagaan dan Patroli Tolitoli (KSOP), I Made Rei Panel, PLH Kasi Datun Kejaksaan Kab. Tolitoli, Arie Trifantoro, S.H., Anggota Lanal Tolitoli, Pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab VIII DJA II, Mahasiswa Kristen Dutawicana Yogjakarta, Mahasiswa Fisip Universitas Madako Tolitoli, Siswa SMKN 1 Dakopamean, Trash Hero Tolitoli serta Bank Sampah Tolitoli Mandiri (BSTM).


Foto : Penyerahan sembako secara simbolis oleh Wakil Bupati Tolitoli



Tamu undangan Unsur Forkopimda kabupaten Tolitoli

 


Editor | Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar