• Jelajahi

    Copyright © Journal Telegraf
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Minahasa

    Hari Tani 2021, Jemi Yusuf : Petani Miliki Kontribusi Besar Terhadap Ketahanan Pangan Nasional

    Jumat, September 24, 2021, 14.02 WIB Last Updated 2021-09-25T00:20:59Z
    masukkan script iklan disini

    Foto : Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolitoli, Jemi Yusuf saat berada di lokasi pertanian bersama masyarakat Tani.

    JOURNALTELEGRAF - Momentum Hari Tani Nasional tanggal 24 September 2021 menjadi harapan semua pihak, dimana melalui Hari Tani Nasional ini para petani semakin maju dan sejahtera. Demikian disampaikan salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli Jemi Yusuf.


    “Perlindungan Petani adalah segala upaya untuk membantu Petani dalam menghadapi permasalahan kesulitan memperoleh prasarana dan sarana produksi, kepastian usaha, risiko harga, kegagalan panen, praktik ekonomi biaya tinggi, dan perubahan iklim,” kata Jemi kepada awak media journaltelegraf.com, Jumat (24/09/2021).


    Lanjutnya lagi, Perlindungan dan Pemberdayaan Petani UU Nomor 19 tahun 2013, tentang perlindungan  pemberdayaan petani bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian Petani dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kehidupan yang lebih baik;


    “Selama ini Petani telah memberikan kontribusi yang nyata dalam pembangunan Pertanian dan pembangunan ekonomi perdesaan. Petani sebagai pelaku pembangunan Pertanian perlu diberi Perlindungan dan Pemberdayaan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan yang merupakan hak dasar Setiap Orang guna mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan secara berkelanjutan,” jelasnya.


    Politikus Golkar itu menambahkan, apalagi saat ini Pemerintah Pusat telah mencanangkan program ketahanan pangan nasional yang disebut juga dengan food estate, salah satunya di Kabupaten Tolitoli. Sebagai anak bangsa, kata Jemi, kita harus mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan nasional ini.


    “Petani mempunyai peranan yang sangat penting dalam menopang kebutuhan pangan nasional, dan sebagai ujung harapan negara kita untuk menjaga ketahanan pangan di negeri kita tercinta, sehingga harus kita dukung bersama, ” ungkapnya



    Jemi menyampaikan, sebagaimana kutipan bijak Soekarno, “Pangan adalah pilar hidup matinya sebuah bangsa” Jadi, lanjutnya, itulah mengapa petani disebut sebagai penjaga pangan bangsa, karena para petani memiliki peranan yang sangat besar dalam menyiapkan kebutuhan pangan bangsa.


    Saat ini kata Jemi, pemerintah telah membuat program ketahanan pangan nasional. Hal itu, menindaklanjuti peringatan FAO yang memprediksi kelangkaan pangan akibat dari Pandemi Covid-19, dan peringatan dari BMKG yang memprediksi datangnya kemarau panjang.


    “ Jadi cintai hasil pertanian lokal kita, dan mari kita dukung para petani kita untuk terus bekerja, dan bekerja dalam menyiapkan pangan nasional, demi memenuhi kebutuhan pangan nasional. Selamat Hari Tani Nasional, semoga momentum ini bisa menjadikan para petani semakin makmur dan sejahtera,” tandasnya.





    Editor| Reporter : Legitha Aswardy

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini