Ads

Minggu, 08 Agustus 2021, Agustus 08, 2021 WIB
Last Updated 2021-08-08T02:20:09Z
HUT RI 76Indonesiakabupaten tolitoliLANAL TolitoliSulawesi Tengah

Sambut HUT RI Ke 76, TNI AL Tolitoli akan Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut


JOURNALTELEGRAF - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 76 tahun 2021 disertakan dengan Louncing Kampung Bahari Nusantara,  gabungan dari TNI, Polri dan kelompok diving kabupaten Tolitoli terus melakukan persiapan pengibaran bendara merah putih di bawah laut Pantai Batu Bangga, Desa Lalos, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, pada Sabtu  (07/08/2021).



Persiapan dilakukan untuk pelaksanaan upacara bendera yang akan digelar pada Selasa (17/08/2021) pagi, dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 dengan tema ' Indonesia Tangguh Ekonomi Tumbuh' dan Louncing Kampung Bahari Nusantara yang digagas TNI AL - Lanal Tolitoli Tahun 2021.



Diketahui, Pengibaran bendera yang diinisiasi TNI AL Tolitoli dengan melibatkan berbagai elemen baik Polres Tolitoli , Basarnas Tolitoli, Komunitas Diver Tolitoli, Unsur Kemaritiman, akademisi dan elemen lainnya. Ratusan penyelam snorkeling juga akan memeriahkan upacara bendera.



“Kita melaksanakan secara optimal mulai dari hari kemarin. Hari ini kita juga melaksanakan gladi, jadi kita sudah ikutkan untuk peserta yang ikut penyelaman, mulai dari teknis penyiapan kemudian pergerakan dari dermaga menuju lokasi sampai dengan teknis pelaksanaan upacara disana dan kita sudah siap,” kata Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H., (M.tr.Hanla) kepada awak media journaltelegraf.com.





Danlanal mengatakan, pengibaran bendera merah putih di bawah laut nanti memiliki tantangan alam yang berat terutama arus yang kuat. Namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi, seluruh penyelam berupaya melaksanakan upacara bendera dengan lancar dan sukses.



“Pembentangan bendera ini tidak sama dengan membentangkan bendera di darat. Ini kita menghadapi arus, kemudian angin dan segala macam arah. Tetapi dengan semangat yang kita miliki, Insyaallah semua dapat terlaksana,” paparnya.



Danlanal menyatakan, keterlibatan ratusan peserta dalam upacara Hari Kemerdekaan ini sangat diapresiasi pihaknya. Banyak diantara peserta terpanggil untuk bersama-sama mengibarkan bendera di bawah laut.



"Antusias dari teman-teman untuk bergabung, kita tidak membatasi. Itulah yang kita harapkan, mereka pun terpanggil hatinya melaksanakan kegiatan ini," tambahnya.





Lebih lanjut, pihaknya  berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengibaran bendera di kabupaten Tolitoli. Ia berharap, pengibaran dalam rangka peringatan HUT RI Ke 76 ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat untuk selalu mencintai dan melestarikan alam bawah laut yang ada di Kabupaten Tolitoli.



“Tugas kita sebagai penerus bangsa, harus selalu menggelorakan semangat nasionalisme. Dengan pengibaran nanti, tugas kita lah untuk selalu menjaga dan melestarikan alam yang indah di bawah laut kita ini, dan memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten kabupaten Tolitoli” pungkasnya.





Editor | Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar