Ads

Kamis, 12 Agustus 2021, Agustus 12, 2021 WIB
Last Updated 2021-08-12T05:34:58Z
kabupaten tolitoliKESEHATANLANAL TolitoliSulawesi Tengah

Aksi Kemanusiaan, Lanal Tolitoli Laksanakan Donor Darah Dan Donor Plasma Konvalesen



JOURNALTELEGRAF - TNI AL Tolitoli  bekerjasama dengan PMI Kabupaten Tolitoli menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah dan donor plasma konvalesen dihalaman Mako Lanal, jalan Yos Sudarso No.1, Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Kamis 12 Agustus 2021.



Diketahui, Kegiatan donor darah ini dihadiri oleh Danlanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.(Hanla), Ibu Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab VIII DJA II Lanal Tolitoli, Ibu Eris Hariono, Pasintel Lanal Tolitoli, Lettu Laut (P) Usman Dani, Ka Akun Lanal Tolitoli, Lettu Laut (S) Wahyu, Pasminlog Lanal Tolitoli, Lettu Laut (S) Ismail, Paur Polum BP, Letda Laut (K) M. Nuriman, Pauryar Lanal Tolitoli, Letda Laut (S) Cahyo, Pgs. Paset Lanal Tolitoli, Letda Laut (S) Takmirul, PMI Tolitoli, dr. Imam sucipca, PMI Tolitoli, dr. Ardiansyah, Anggota Lanal Tolitoli, Pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab VIII DJA II, Petugas PMI 4 orang dan Peserta donor plasma Konvalesen dan donor darah.



Saat meninjau donor darah, Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H., (M.tr.Hanla) selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam rangka pemenuhan ketersediaan Plasma Konvalesen di PMI.



Persyaratan utama pendonor Plasma Konvalesen (PK) para siswa Satdik-2 terlebih dahulu melaksanakan screening dan Informed Consent seleksi donor melalui Anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan Lab darah lengkap, konfirmasi golongan darah dan screening antibodi infeksi menular lewat trasfusi darah (baik HIV, Hepatitis B, Hepatitis C maupun sifilis).



Lebih lanjut Danlanal Tolitoli mengatakan bahwa donor Plasma Konvalesen termasuk metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Tindakan ini bertujuan sebagai terapi tambahan pasien Covid-19 yang berjuang untuk sembuh, di wilayah Kabupaten Tolitoli dan sekitarnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.



“Donor darah yang dilaksanakan oleh Lanal Tolitoli pada hari ini dalam rangka memberikan darah menyelamatkan guna kehidupan,” ujar Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H., (M.tr.Hanla) kepada wartawan journaltelegraf.com, Kamis (12/08/2021).




Danlanal mengungkapkan, Donor darah ini merupakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat untuk masyarakat karena ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Tolitoli masih terbatas.



“Mudah mudahan ini dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah Kabupaten Tolitoli sebagai wujud pengabdian TNI Angkatan Laut kepada masyarakat secara langsung,” harapnya.




Selaku komandan Lanal Tolitoli menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung atas terselenggaranya kegiatan sosial donor darah.



“Kami ucapkan terima kasih kepada PMI Tolitoli, yang telah mendukung kegiatan yang sangat bermanfaat di tengah pandemi saat ini dan masyarakat kabupaten Tolitoli yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” ucapnya.



Ia juga berharap kepada masyarakat diluar sana agar jangan takut untuk mendonorkan darah di PMI untuk menambah ketersedian darah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.




Editor | Reporter : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar