Ads

Rabu, 30 Juni 2021, Juni 30, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-30T05:15:01Z
Covid-19kabupaten tolitoliSulawesi Tengah

Danlanal Tolitoli : “Serbuan Vaksin Covid-19 Masyarakat Maritim” Upaya Ikhtiar Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

  


JOURNALTELEGRAF - TNI Angkatan Laut  Tolitoli melaksanakan kegiatan Pekan Serbuan Vaksin COVID-19 pada Selasa (29/6/2021) bersama masyarakat maritim dan masyarakat Kabupaten Tolitoli yang belum melaksanakan vaksin COVID-19 tahap pertama. bertempat di Ruang tunggu Pelabuhan Dede, Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli.



Dipantau media, Antusias masyarakat maritim dan masyarakat Kabupaten Tolitoli yang belum divaksinasi sangatlah banyak. Hal itu terlihat dari animo masyarakat saat mendaftarkan diri di Mako Lanal. 



Meski demikian, jalannya kegiatan vaksinasi tersebut tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan saat proses pendaftaran hingga penyuntikan vaksin COVID-19.





Letkol Laut (P) Hariono SH, ( M.tr.hanla), mengatakan kegiatan “Serbuan Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Maritim” ini juga berkordinasi dengan Dinas kesehatan kabupaten Tolitoli dan kesiapannya baik sarana serta prasarana pelaksanaan Vasin COVID-19.


 

“Sesuai kebijakan dari Pemerintah dan Pimpinan TNI AL, Lanal Tolitoli siap melaksanakan vaksin COVID-19 (Sinovac) bersama warga Kabupaten tolitoli yang belum melaksanakan sama sekali vaksin COVID-19, karena kegiatan ini sangatlah penting sebagai bagian dari Satgas COVID-19 untuk menekan laju pertumbuhan wabah virus corona,” ujar Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Hariono, S.H, ((M.tr.Hanla) kepada awak media journaltelegraf.com saat berada di ruang vaksinasi. Selasa (29/06/2021).





Danlanal mengungkapkan, Dalam kegiatan vaksinasi itu, jumlah vaksin sebanyak 100 vial untuk 100 orang. Namun kata dia, karena Animo masyarakat yang mendaftar sangat lah banyak dan ketersediaan vaksin terbatas maka pihaknya tetap mendata untuk vaksinasi di minggu depan.



“ Saya pastikan satu minggu lagi akan datang vaksin dengan jumlah yang besar untuk masyarakat yang belum tercover hari ini,” terang Danlanal Tolitoli.



Lebih lanjut, pihaknya mengajak kepada masyarakat maritim kabupaten Tolitoli untuk melaksanakan vaksinasi Covid 19. 



“Vaksinasi adalah suatu ikhtiar kita untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Vaksinasi juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk meningkatkan imun, terlebih bagi masyarakat yang memiliki resiko tingkat penularan yang cukup tinggi, baik dari pekerjaannya maupun kegiatan yang dilakukan tiap harinya,” katanya. 




Danlanal berharap agar masyarakat tidak perlu takut untuk divaksinasi. Sehingga program pemerintah, yakni Satu Juta Vaksin Per Hari dapat berjalan dengan baik. 



“Tidak usah ragu atau takut melaksanakan vaksinasi, serta selalu mematuhi protokol kesehatan Covid 19 dengan melaksanakan 5 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi Mobilitas). Sehingga apa yang menjadi Program Pemerintah satu juta vaksin per hari secara nasional dapat tercapai dan vaksinasi Ini adalah salah satu bentuk agar imunity segera tercipta di kabupaten Tolitoli serta masyarakat bisa beraktifitas secara normal” tutupnya. 



Tahap Pelaksanaan yaitu Pendaftaran, Pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah, Screening Gejala dan keluhan Setelah Pencanangan Vaksin (Covid 19), Penyuntikan Vaksin (Covid 19) dan Observasi. 




***Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar