Ads

Sabtu, 22 Mei 2021, Mei 22, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-21T22:33:08Z
covid 19NASIONAL

Viral, HUT Gubernur Jatim Timbulkan Kerumunan Massa. Ketua FPII Angkat Bicara

 

Foto : (Istimewa) Ketua Setwil FPII Jatim Bayu Pangarso.


 JOURNALTELEGRAF - Viral beredarnya video di TikTok dan YouTube yang menampilkan kerumunan massa di Gedung N Toegara Grahadi Surabaya. Diduga yang menimbulkan kerumunan, itu adalah acara pesta ulang tahun Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, Rabu (19-5-2021).


Dalam video yang berdurasi satu menit, terdengar nyanyian lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ karya Jamrud. Saat bersamaan terlihat adanya kerumunan masa. Video yang dilengkapi narasi itu menjelaskan, kalau penyanyi yang didatangkan adalah vokalis Kla Project, Katon Bagaskara.


Menurut Bayu Pangarso ketua setwil Forum.Pers Independent Indonesia (FPII) dan Pemimpin redaksi media Online dan Cetak Berita Cakrawala, terkait dugaan ketidakpekaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memberikan contoh yang baik dalam penegakan protokol kesehatan. 


"Saya sangat menyayangkan tentang beredarnya video acara tersebut, ini merupakan contoh yang tidak baik dikala masyarakat kecil diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, masyarakat diminta untuk membatasi diri untuk menghindari suatu kerumunan atau melarang acara yang menimbulkan suatu kerumunan massa, sedangkan Pemerintah Propinsi Jawa Timur sendiri dengan seenaknya dan dengan alasan yang kurang beretika mengadakan suatu acara yang sampai menimbulkan suatu kerumunan. Ini sangat melukai hati Rakyat Indonesia khususnya Masyarakat Jawa Timur,"jelasnya.


"Dan saya mendorong agar pihak-pihak berwenang berani untuk mengambil tindakan tegas, seperti sanksi yang diberikan aparat berwenang selama ini kepada masyarakat kecil yang berkerumun atau melanggar protokol kesehatan dengan dalih membahayakan nyawa orang lain. Disini akan terlihat, apakah aparat berwenang serius melaksanakan tugasnya dalam menegakkan protokol kesehatan dan bertindak secara profesional ataukah hanya berani sebatas seremonial" tegasnya. Salam Kearifan Nusantara. 


Suasana pesta Ulang Tahun Gubernur Khofifah di Gedung Grahadi, 20 Mei 2021 Pesta tersebut tampak digelar di rumah dinas gubernur di komplek Grahadi itu juga diduga bersamaan merayakan pesta ulang tahun Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. Mantan Bupati Trenggalek itu diketahui turut hadir. Kamis (20/5/2021).


Selain itu, menurut Bayu pangarso,  mengatakan, sangat menyayangkan adanya vidio yang telah beredar, adanya acara menyambut Hari Ulang Tahun Gubernur Khofifah Indar Parawansa.


"Saya sangat prihatin dan menyayangkan adanya kejadian tersebut, padahal pendemi Covid-19 di Surabaya belum berakhir. Serta diduganya dalam acara tersebut, tidak mentaati Protokol Kesehatan (Proses). Padahal kita juga tahu masyarakat khususnya warga Surabaya, dilarang untuk mudik, membatasi untuk aktifitas, bilamana tidak terlalu penting, serta dilarang untuk berkerumun, karena menimbulkan klaster-klaster baru,"pungkasnya.


Sedangkan Adi Darmanto SH,MH, Ketua umum,Sobat Giring Presiden dan juga kuasa hukum Media cetak dan online, Berita Cakrawala, mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,sudah memberikan contoh yang tidak baik,dalam penegakan protokol kesehatan,Diharapkan yang berwenang memberikan sanksi tegas,jangan Pandang bulu,agar masyarakat percaya dengan keadilan yang ada di Jawa timur khususnya dan di Indonesia umumnya.(red)


Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar