Ads

Sabtu, 22 Mei 2021, Mei 22, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-22T08:16:51Z
Bolmut

Tarian Adat Asal Papua Barat Akan Meriahkan HUTDA Bolmut Ke-14



JOURNALTELEGRAF - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-14 Kabupaten Bolaang mogondow Utara (Bolmut) yang akan digelar pada Minggu (23/05/2021).


Saat di temui Journaltelegraf, Ketua panitia HUTDA ke-14,Kristanto Nani, S.STP, M.Si Mengatakan, HUTDA Bolmut bakal dimeriahkan oleh tarian adat asal Biak Wor Yormafe.


"Akan ada penampilan tarian asal Biak, Papua Barat. Nama tariannya Wor Yormafe atau tari perdamaian," kata Kristanto kepada awak media Journaltelegraf.com.


Lanjut Nani, tarian ini akan diperagakan oleh mahasiswa asli Papua yang sedang kuliah di Gorontalo langkap dengan pakaian adat suku asli Papua.


"Diperagakan oleh mahasiswa asli Papua yang kuliah di Gorontalo, lengkap dengan pakaian adatnya,"pungkas Nani.


Diketahui, tarian tersebut ditampilkan setelah tari Pugu-Pugu kemudian disusul dengan parade tari Meumere yang diperagakan oleh siswa SMK Kaidipang.


Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Wor mempunyai dua definisi, pertama sebaga upacara adat, kedua sebagai nyanyian adat.


Bagi masyarakat Biak, secara simbolis Wor memiliki makna yang didalamnya terkandung nilai-nilai budaya dan berfungsi mengatur hubungan mereka dengan sang pencipta, antar sesama dan alam di mana tempat mereka berada.


Reporter : Irsan

Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar