Ads

JournalTelegraf
Sabtu, 01 Mei 2021, Mei 01, 2021 WIB
Last Updated 2021-06-19T15:51:26Z
Tomohon

Pemkot Tomohon Pre-Launching Aplikasi SLOATH Disdukcapil


JOURNALTELEGRAF - Pra Launching Aplikasi Sistem Layanan Online Adminduk Tomohon Hebat (SLOATH) dan Sosialisasi Kebijakan Adminduk dilaksanakan di Command Center MPP Wale Kabasaran Kota Tomohon, Jumat (30/4/2021).

Pra launching ditandai dengan pemukulan tetengkoren, dilaksanakan dengan tatap muka dan secara virtual.

Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Penjabat Sekot Jemmy Ringkuangan AP MSi (JR) ketika membuka kegiatan menjelaskan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengadakan pra-launching aplikasi Sloath, yang memungkinkan penerbitan dokumen kependudukan dilakukan di tingkat kelurahan, antara lain dokumen kartu keluarga, akta perkawinan, akta kelahiran dan akta kematian.

"Melalui kegiatan ini diharapkan memberi dampak terhadap penyelenggaraan administrasi kependudukan yang dilaksanakan mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan termasuk instansi terkait dan lembaga lainnya yang saat ini dimungkinkan dapat memanfaatkan data kependudukannya melalui pemberian hak akses. Dengan kondisi di lapangan masih terdapat penduduk yang belum melakukan perekaman, sehingga dimintakan kepada unsur Kelurahan untuk berupaya mensosialisasikan akan hal ini dalam masyarakat dan berkoordinasi dengan Instansi pelaksana untuk dilakukan pelayanan jemput bola," kata Wali Kota Senduk melalui Pj Sekot JR.

Untuk itu dirinya mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), sebagaimana telah dicanangkan oleh pemerintah, yakni sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan, sadar pemutahiran data kependudukan, dan sadar melayani demi membahagiakan rakyat.

Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon Albert J Tulus SH dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang poin pertama adalah pelayanan prima kepada masyarakat dari lahir sampai meninggal.

Hadir dalam kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Tomohon Toar Pandeirot SPd MM, Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM, serta para Camat dan unsur kelurahan yang ada di Kota Tomohon yang mengikuti secara langsung dan secara virtual.

Reporter/Editor : Simon Ronal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar