Ads


 

Selasa, 11 Mei 2021, Mei 11, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-11T01:55:35Z
Pemkab tolitolisulteng

Pemda Dan PHBI Tolitoli Akan Gelar Shalat Idul Fitri Di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan



JOURNALTELEGRAF - Pemerintah Daerah bersama Panitia Hari-Hari Besar Islam Kabupaten Tolitoli akan menggelar Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan (TK-GMB) Tolitoli. 


Keputusan tersebut disepakati dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa, SE  di ruang kerjanya. pada Jumat siang (07/05/2021).


" Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor : SE 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijiriyah/2021 disaat Pandemi Covid  yang dalam poin 3 diatur bahwa Shalat Idul Fitri dapat diadakan di Masjid atau di Lapangan hanya didaerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 maka berdasarkan laporan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli bahwa Covid-19 di Kabupaten Tolitoli sudah melandai meskipun belum selesai namun dapat dikategorikan aman," jelas Anhar Dg Mallawa.


Sehingga kata dia, Shalat Idul Fitri di Kabupaten Tolitoli dapat digelar di Masjid masjid dan di lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.


"Olehnya itu, jamaah shalat Idul Fitri di TK-GMB nantinya akan diatur dengar jarak tidak kurang dari 1 meter dan PHBI akan menyiapkan tempat tempat cuci tangan di tiap sudut Taman Kota serta akan menyediakan petugas yang akan mengukur suhu tubuh setiap jamaah," kata dia.


Lebih lanjut, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli bidang Pemerintahan mengungkapkan "yang akan bertindak sebagai khatib adalah Ustadz H. Muh. Yani Abd. Karim, Lc.,MA (Pimpinan Markaz Tahfizh Al-Quran Utsman Bin Affan Palu sekaligus sebagai Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab - STIBA Makassar), Imam Ustadz Fikri Hamdani, S.Th.I.,M.Hum (Dosen Institut Agama Islam Negeri - IAIN Dato Karama Palu), Pemandu Takbir Ustadz Muhammad Saleh (Imam Masjid Mujahidin Tolitoli), Pemandu Shalat Ustadz Falatehan, Lc (Kepala Kantor Urusan Agama - KUA Kecamatan Baolan) dan Pemandu Jamaah Arham A. Jacub, SH (Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli)," 


Shalat dan Khutbah Idul Fitri akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai dengan 07.30 wita sedangkan hari dan tanggal pelaksanaannya menunggu pengumuman dari Pemerintah.




Editor : Legitha Aswardy

Sumber : Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar