Ads

Selasa, 11 Mei 2021, Mei 11, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-11T02:09:14Z
Bolmut

Malam Pasang Lampu Sukses Digelar Pemuda Paku Bersatu Tuai Apresiasi

Foto : Suasana Malam Pasang Lampu (Manunjulo Lambu) Menjelang Hari Raya Idul Fitri Di Desa Paku Selatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).Senin (10/5/2021).


JOURNALTELEGRAF - Jelang hari Raya Idul Fitri pemuda Desa Paku Bersatu sukses melakukan tradisi malam pasang lampu atau biasa disebut Mununjulo Lambu, para remaja dan pemuda masjid yang dengan tekun dan kebersamaan dalam rangka meramaikan hari raya Idul Fitri ini telah menuai banyak apresiasi dari pemerintah dan Masyarakat setempat.


Kepala Desa Paku Subhan Goma S.IP saat bersua bersama media JournalTelegraf.com di Lokasi Senin (10/5/2021) mengucapkan terimakasih atas kinerja pemuda Paku bersatu yang telah sukses memeriahkan malam pasang lampu pada Tiga hari menjelang lebaran idil fitri Tahun ini. 


"Kinerja dan persatuan pemuda Paku bersatu sangat luar biasa, Kegiatan ini perlu menjadi kebanggaan tersendiri untuk kami sebagai pemerintah Desa dan masyarakat setempat. karena memang baru kali ini di Desa Paku perayaan malam pasang lampu semeriah seperti sekarang ini meskipun Tahun sebelumnya suda sering di laksanakan,"ujar Subhan.




Sementara itu sala satu pemuda yang menjadi Motor dalam kegiatan ini Angki Anope menuturkan, tradisi ini setiap malam ke-27 oleh masyarakat yang ada di dua desa yakni Desa Paku dan  Desa Peku Selatan.

"Pelaksanaan tradisi pasang lampu ini atas inisiatif para pemuda dan remaja masjid dalam rangka menyambut Idul Fitri dan InsyaAllah akan dilaksanakan setiap tahun,"ujarnya.


Angki pun menjelaskan tradisi ini kombinasi dari lampu hias dan lampu Botol yang sekarang ini  sudah menghiasi jalan-jalan dan rumah warga pada saat tiga hari menjelang lebaran. 


"Ini kombinasi lampu hias yang dipadukan dengan lampu botol dan kemudian ditempatkan di depan rumah maupun jalan Lapangan dan persawahan sehingga pada malam hari kelihatan ramai," terangnya.


Foto : Istimewa Kepala Desa Paku Selatan Subhan Goma (Kiri)


Dia mengungkapkan tradisi yang dilakukan para remaja dan pemuda ini merupakan simbol dari kebersamaan dan eratnya kerukunan antar umat beragama di Desa Paku bersatu.


"Selain itu juga ini merupakan upaya menjaga khazanah dan melestarikan budaya bangsa, serta syiar dakwah. Dan masyarakat kita pun sangat antusias dalam tradisi pasang lampu ini, saya juga sangat berterimah kasih kepada seluruh teman teman yang suda turut serta dalam kegiatan ini,"tutupnya.



Reporter : Irsan

Editor : Legitha Aswardy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar